RPP Kelas VII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 01 )

Sekolah                        :  SMP Negeri...........
Mata Pelajaran          :  IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester        :  VII (tujuh) / I
Standar Kompetensi : 1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan         
                                          menggunakan peralatan
Kompetensi Dasar     : 1.1  Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya.
Indikator :
1.      Mengidentifikasi besaran-besaran fisika dalam kehidupan seharti-hari
2.      menggunakan Satuan Internasional (Si) dalam pengukuran
3.      mengkonversikan satuan panjang, massa dan waktu secara sederhana
4.      membedakan besaran pokok dan besaran turunan
Alokasi waktu :  4 jam pelajaran (2xPertemuan)


A. Tujuan  Pembelajaran    
     Peserta didik dapat
  1. Menyebutkan pengertian besaran
  2. Mendeskripsikan pengertian satuan
  3. Menyebutkan macam-macam besaran dalan fisika
  4. mengkonversikan satuan panjang, massa dan waktu
  5. membedakan anrata besaran pokok dan besaran turunan

B.  Materi Pembelajaran
-          Pengukuran
-          Besaran pokok
-          Besarana turunan

C.      Metode Pembelajaran :
-     Direct Instruction (DI)
-     Kooperatif Learning

D.      Langkah-langkah :
1.    Pertemuan pertama
a.    Kegiatan dan Apresiasi
-       Motivasi dan apresiasi
Mana yang besaran dan satuan dari mata uang Indonesia Rp.100,- Amerika $.100, anan 100 real
-       Prasyarat pengetahuan
-       Pengertian nilai apa yang dimaksud dengan nilai
-       Pra eksperimen
b.      Kegiatan inti
-       Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok
-       Secara kelompok peserta didik mendiskusikan pengertian besaran dan satuan kemudian membuat kesimpulan sementara
-       Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang benar
-       Siswa secara pereorangan melakukan konversi satuan panjang, massa dan waktu sesuai tangga konversi
-       Siswa mendiskusikan perbedaan besaran pokok dan besaran turunan kemudian membuat rangkuman sementara.
c.       Kegiatan Penutup
-       Guru dan peserta didik membuat rangkuman/kesimpulan
-       Guru memberikan test secara tertulis untuk mengukur kemampuan siswa

2.    Pertemuan Kedua
a.    Kegiatan Pendahuluan
-       Motivasi dan apresiasi
Pak Ali mempunyai kebun seluas 1 ha (hektar) berapa luas kebun pak Ali jika satuannya diubah ke …..m2  mana yang besaran dan satuan dari mata uang Indnesia Rp.100,- Amerika $.100, dan 100 real
-       Prasyarat pengetahuan
-       Pengertian besaran dan satuan

b. Kegiatan inti
-       Guru menyuruh peserta didik mengelompok pada kelompoknya masing-masing
-       Secara kelompok peserta didik mendiskusikan dan melakukan konversi satuan panjang, massa dan waktu sesuai tangga konversi
-       Siswa mendiskusikan perbedaan besaran pokok dan besaran turunan kemudian membuat rangkuman sementara.
c.    Kegiatan Penutup
-       Guru dan peserta didik mencoba mengkonversikan Satuan Panjang, massa dan waktu dan bu rangkuman hasil kegiatan.
-       Guru memberikan test secara tertulis  tentang konversi satuan dan besaran pokok turunan.

E.  Sumber Belajar :
a.         Buku Siswa
b.        Buku referensi
c.         Alat-alat praktikum

F.   Penilaian Hasil Belajar :
a. Teknik Penilaian
-       Tes tertulis
-       Tes unjuk kerja
b.      Bentuk Instrumen
-  Isian
-  Uji petik kerja prosedur dan produk
c.       Contoh Instrumen
      Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !
1. Apakah pengukuran itu?
2. Jelaskan pengertian besaran dan satuan!
3. Jelaskan syarat-syarat yang harus dimiliki satuan standar!
4. Tuliskan besaran-besaran tidak baku yang ada di daerahmu!
5. Konversikan satuan-satuan di bawah ini!
a. 100 cm = .... inci c. 10 m = .... inci e. 500 ft = .... m
b. 2 m = .... foot d. 20 inci = .... cm f. 300 yard = .... m


                                                                                                                 
                  Mengetahui,                                                              Sekayu Juli 2010                                   
           Kepala SMP Negeri                                                        Guru Bidang Studi,



           .............................................                                             ......................................
           NIP.                                                                                   NIP.













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 02 )

Sekolah                         :  SMP Negeri ......................
Mata Pelajaran           :  IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester         :  VII (tujuh) / I
Standar Kompetensi : 1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan   menggunakan peralatan
Kompetensi Dasar     : 1.2 Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya.
Indikator  :
1.      Menjelaskan pengertian suhu
2.      Menggunakan alat untuk mengukur suhu zat
3.      Melakukan percobaan dengan mengunakan beberapa macam termometer
4.      Membaca hasil pengukuran suhu suatu zat dengan menggunakan termometer
5.      Memilih termometer yang sesuai dengan suhu zat yang akan diukur
Alokasi waktu : 2 x 40 menit 

A. Tujuan  Pembelajaran    
     Peserta didik dapat
  1. Menyebutkan pengertian suhu
  2. Menggunakan alat untuk mengukur suhu zat
  3. Melakukan percobaan dengan beberapa macam termometer
  4. Membaca hasil pengukuran suhu suatu zat dengan menggunakan termometer
  5. Memilih thermometer yang sesuai dengan suhhu zat yang akan diukur

B.  Materi Pembelajaran      
1.                                                                                        Suhu suatu zat
2.    termometer

C.  Metode Pembelajaran
1. Model
-  Direct Instruction (DI)
-  Kooperatif Learning

2.                       Metode
-            Diskusi kelompok
-            Eksperimen

D.  Langkah-Langkah Kegiatan
        1. Kegiatan Pendahuluan
-       Motivasi dan apresiasi
Apa yang kamu rasakan pada tubuhmu biala kamu sedang demam?
-       Prasyarat pengetahuan
a.    Apa yang dimaksud dengan suhu?
b.    Apa fungsi termometer?

d.      Kegiatan inti
-       Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok
-       Secara kelompok peserta didik mendiskusikan pengertian suhu.
-       Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang benar
-       Setiap kelompok diberikan alat untuk mengukur suhu, setiap kelompok mendiskusikan bagaimana cara menggunakan alat dengan benar.
-       Peserta didik dalam kelompok melakukan eksperimen mengukur suhu dengan menggunakan beberapa macam termometer (klinik, air, udara)
-       Peserta didik mengamati dan menuliskan datanya kedalam tabel yang telah disediakan

e.       Kegiatan Penutup
-       Guru dan peserta didik membuat rangkuman/kesimpulan
-       Guru bersama peserta melakukan diskusi kelas dari hasil eksperimen kelompok
-       Guru memberikan penghargaan kepada peserta didik yang hasil diskusinya paling baik
-       Guru memberikan test untuk mengetahui data serap materi yang baru saja dipelajari.
 E. Sumber Belajar
a.         Buku Siswa
b.        Buku referensi
c.         Alat-alat praktikum

F.   Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian
         -.Tes tertulis
         -.Tes unjuk kerja

d.      Bentuk Instrumen
-  Isian
-  Uji petik kerja prosedur dan produk

e.       Contoh Instrumen
           Instrumen tes
Alat yang digunakan untuk mengukur diameter dalam tabung reaksi adalah…
Kunci          : jangka sorong
Skor            : 1
           Uji petik kerja prosedur dan produk
Lakukan kegiatan untuk mengukur suhu zat (air, tubuh, udara) dengan menggunakan alat :
                     termometer klinik
  termometer ruang
  termimeter batang
                       
Rubrik
No
Aspek
Skor
1
2
3
4
Menggunakan alat dengan benar
Melakukan kegiatan dengan prosedur yang benar
Memperoleh data dari percobaan
Membuat kesimpulan dengan benar
2
4
2
2

Jumlah Skor


                      


                   Mengetahui,                                                             Sekayu Juli 2010                                   
           Kepala SMP .........................                                             Guru Bidang Studi,



           ...........................................                                                  .................................
           NIP.                                                                                    NIP.


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 03 )

Sekolah                         :  SMP Negeri ...........
Mata Pelajaran           :  IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester         :  VII (tujuh) / I
Standar Kompetensi : 1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan   menggunakan peralatan
Kompetensi Dasar     : 1.3 Melakukan pengukuan dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang  
                                             sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator  :
                  1.   Mengukur dengan satuan baku dan tak baku secara baik dan benar
2.      Menggunakan alat untuk mengukur besaran
3.      Melakukan percobaan dengan satuan baku dan tidak baku
4.      Membaca hasil pengukuran denan satuan baku dan tidak baku
5.      Memilih alat yang sesuai untuk mengukur
Alokasi waktu : 2 x 40 menit 


A. Tujuan  Pembelajaran    
     Peserta didik dapat
  1. Menyebutkan pengertian satuan baku dan satuan tidak baku
  2. Menggunakan alat untuk mengukur besaran
  3. Melakukan percobaan dengan satuan baku dan tidak baku
  4. Membaca hasil pengukuran denan satuan baku dan tidak baku
  5. Memilih alat yang sesuai untuk mengukur

B.  Materi Pembelajaran      
1.                                                                                        Pengukuran
2.    Satuan baku dan tak baku

C.  Metode Pembelajaran
1. Model
-  Direct Instruction (DI)
-  Kooperatif Learning

2.                       Metode
-            Diskusi kelompok
-            Eksperimen

D.  Langkah-Langkah Kegiatan
        1. Kegiatan Pendahuluan
-       Motivasi dan apresiasi
Apa yang terjadi jika kima membeli kain diukur dengan depa Primus dan Ucok Baba ?Mana yang besaran dan satuan dari mata uang Indnesia Rp.100,- Amerika $.100, anan 100 real
-       Prasyarat pengetahuan
a.    Apa yang dimaksud dengan besaran ?
b.    Apa yang dimaksud dengan satuan ?

f.       Kegiatan inti
-       Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok
-       Secara kelompok peserta didik mendiskusikan pengertian satuan baku dan tak baku.
-       Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang benar
-       Setiap kelompok diberikan alat untuk mengukur besaran, setiap kelompok mendiskusikan bagaimana cara menggunakan alat dengan benar.
-       Peserta didik dalam kelompok melakukan eksperimen mengukur satuan besaran panjang dengan menggunakan alat bersatuan baku (mistar, jangka sorong), dan satuan tidak baku (jengkal, pensil, depa )
-       Peserta didik mengamati dan menuliskan datanya kedalam table yang telah disediakan

g.      Kegiatan Penutup
-       Guru dan peserta didik membuat rangkuman/kesimpulan
-       Guru bersama peserta melakukan diskusi kelas dari hasil eksperimen kelompok
-       Guru memberikan penghargaan kepada peserta didik yang hasil diskusinya paling baik
-       Guru memberikan test untuk mengetahui data serap materi yang baru saja dipelajari.

E. Sumber Belajar
a.         Buku Siswa
b.        Buku referensi
c.         Alat-alat praktikum

G.  Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian
H.  Tes tertulis
I.     Tes unjuk kerja

f.       Bentuk Instrumen
-  Isian
-  Uji petik kerja prosedur dan produk

g.      Contoh Instrumen
J.     Instrumen tes
Alat yang digunakan untuk mengukur diameter dalam tabung reaksi adalah…
Kunci          : jangka sorong
Skor            : 1
K.  Uji petik kerja prosedur dan produk
Lakukan kegiatan untuk mengukur besaran panjang ( meja) dengan menggunakan alat :
                     Mistar
  Jangka Sorong
  Jengkal
  Depa
  Pensil
                       
Rubrik
No
Aspek
Skor
1
2
3
4
Menggunakan alat dengan benar
Melakukan kegiatan dengan prosedur yang benar
Memperoleh data dari percobaan
Membuat kesimpulan dengan benar
2
4
2
2

Jumlah Skor


                      


                  Mengetahui,                                                             Sekayu Juli 2010                                   
           Kepala SMP                                                                    Guru Bidang Studi,



           .......................................                                                        ........................................
           NIP.                                                                                       NIP.











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Sekolah                       :  SMP Negeri........
Mata Pelajaran            :  IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester          :  VII (tujuh) / I


Standar Kompetensi   :
d.        Memahami klasifikasi zat

Kompetensi Dasar       :
2.2. Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator
1.    Melakukan percoban untuk mengetahui sifat asam basa pada berbagai bahan makanan di laboratorium dan alam.  Misalnya dengan menggunakan kembang sepatu.

alokasi waktu : 2 x 40 menit   (1 x pertemuan)

A. Tujuan  Pembelajaran        
Peserta didik dapat
1.         Menyebutkan sifat-sifat asam
2.         Menyebutkan sifat-sifat basa
3.         menyebutkan sifat-sifat garam
4.         Membuktikan bahwa kembang sepatu dapat menentukan sifat asam atau basa pada makanan.

C.       Materi Pembelajaran       
Sifat asam basa pada bahan makanan

C.   Metode Pembelajaran
1. Model
-  Direct Instruction (DI)
-  Kooperatif Learning

2. Metode
F.   Diskusi kelompok
G.  Eksperimen

D.  Langkah-Langkah Kegiatan
        1. Kegiatan Pendahuluan
H.  Motivasi dan apresiasi
- Adakah yang pernah makan asayur asam
Prasyarat pengetahuan
1.    Sebutkan macam-macam rasa yang anda ketahui ?
2.    Bahan makanan apa sajakah yang mengandung sifat asam ?

        2. Kegiatan inti
I.     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok
J.     Guru dan Peserta didik mendemonstrasikan/melakukan eksperiment pada kelompok masing-masing.
K.  Guru memerintah pada masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil eksperiment.
L.   Peserta didik melakukan diskusi kelas dengan bimbingan guru.

  3.Kegiatan Penutup
M. Guru dan peserta didik membuat rangkuman/kesimpulan
N.  Guru memberikan test untuk mengetahui data serap materi yang baru saja dipelajari.


E. Sumber Belajar
1.        Buku Siswa
2.        Alam sekitar
3.        LKS
4.        Buku referensi
5.        Alat-alat praktikum

O.  Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian
P.   Tes unjuk kerja

 b. Bentuk Instrumen
-  Uji petik kerja prosedur dan produk

2.        Contoh Instrumen
Q.  Instrumen tes
Lakukan uji asam dan basa pada bahan makanan dengan menggunakan kembang sepatu

                       
Rubrik
No
Aspek
Skor
1

2

3

Melakukan kegiatan dengan prosedur yang benar

Memperoleh data kegiatan

Membuat kesimpulan
3

3

2


Jumlah Skor
8

      




                                                                                                       Sekayu, Juli 2009
              Mengetahui,                                                                    Guru Bidang Studi,  
     Kepala SMP Negeri ........

                               


      .........................................                                                         ..........................
      NIP. ...............                                                                           NIP. ............




                                                                                                                                                                                                                                                                 













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Sekolah                       :  SMP Negeri .................
Mata Pelajaran            :  IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester          :  VII (tujuh) / I


Standar Kompetensi   :
3.    Memahami klasifikasi zat

Kompetensi Dasar       :
2.3. Menjelaskan nama unsure dan rumus kimia sederhana

Indikator
R.  Menuliskan nama dan lambang unsur.
S.   Menjelaskan aturan penulisan lambang unsur
T.   Menuliskan nama senyawa dan rumus kimia sederhana
U.  Menentukan nama senyawa dan rumus kimia sederhana

alokasi waktu : 4 jam Pelajaran   (2 x pertemuan)

A. Tujuan  Pembelajaran        
     Peserta didik dapat
        1.    Menuliskan nama dan lambang unsur.
B.       Menjelaskan aturan penulisan lambing unsure
C.       Menuliskan nama senyawa dan rukus kimia sederhana
D.       Menentukan nama senyawa dan rumus kimia sederhana

E.       Materi Pembelajaran       
Unsur Kimia

C.   Metode Pembelajaran
1. Model
-  Direct Instruction (DI)
-  Kooperatif Learning

2. Metode
F.        Diskusi kelompok
G.       Eksperimen

D.  Langkah-Langkah Kegiatan
        1. Pertemuan Pertama
            a.  Kegiatan Pendahuluan
Motivasi dan apresiasi
V.  Secara klasikal guru memberi pertanyaan tentang macam-macam zat / benda yang ada disekitar kita dan tentang unsure yang pernah didengar atau diketahui ?
W.Guru menjelaskan kompetensi dasar, indicator dan tujuan pembelajaran.

        2. Kegiatan inti
-  Melalui diskusi dan Tanya jawab guru memberikan informasi tentang berbagai unsure di ala mini dari lambang-lambangnya
-  Melalui diskusi kelompok peserta didik diberi tugas untuk mengidentifikasi lambing unrur dan menuliskannya
-  Peserta didik diminta untuk menjelaskan/mengkomunikasikan aturan penulisan lambing unsure.

  3.Kegiatan Penutup
-  Guru membimbing siswa membuat rangkuman/kesimpulan
-  Guru memberikan latihan soal-soal tentang nama dan lambing unsure


1. Pertemuan Kedua
            a.  Kegiatan Pendahuluan
-  Motivasi :
   Apakah lambing unsure dari emas
X.  Prasyarat Pengetahuan :
Jelaskan perbedaan antara unsure dan senyawa ?

        2. Kegiatan inti
-  Guru membentuk kelompok yang telah ditentukan
-  Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok
-  Siswa membuat kesimpulan dari presentasi tersebut

  3.Kegiatan Penutup
-  Guru membimbing siswa membuat rangkuman/kesimpulan

E. Sumber Belajar
1.        Buku Siswa
2.        Alam sekitar
3.        LKS
4.        Buku referensi
5.        Alat-alat praktikum

Y.  Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian
- tes tertulis
- tes laporan kerja

 b. Bentuk Instrumen
-  test isian/PG

4.        Contoh Instrumen
Z.        Instrumen tes/PG
Å.       Unsur : Emas, besi dan timah mepunyai tanda atom secara berurutan adalah
a.         Pb, Zn, CU
b.        Au, Fc,Zn
c.         Au,Zn,Fc
d.        Fc,Pb,Au
Ä.       Air laut banyak mengandung senyawa yang mempunyai rumus
A.Nabr
B.  NaCl
C.  MgCl2
D.  MgBr2

                                                          

                                                                                                       Sekayu, Juli 2009
              Mengetahui,                                                                    Guru Bidang Studi,  
     Kepala SMP ......................



      .......................................                                                          ..............................
      NIP.                                                                                         NIP.








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Sekolah                       :  SMP Negeri .........
Mata Pelajaran            :  IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester          :  VII (tujuh) / I


Standar Kompetensi   :
2. Memahami klasifikasi zat

Kompetensi Dasar       :
2.3. Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana

Indikator
CC.                     Menjelaskan aturan penulisan  lambang usur
DD.                    Menuliskan nama dan lambang unsure
BB.                     Menuliskan nama  dan rumus kimia sederhana
CC.                     Menentukan nama senyawa dan rumus kimia sederhana

alokasi waktu : 3 x 40 menit

A. Tujuan  Pembelajaran        
     Peserta didik dapat
        1.  Mengidentifikasi lambing unsure dan menuliskannya
        2.  Mencari Informasi nama senyawa menuliskan rumus kimianya.
GG. Materi Pembelajaran
       Unsur Kimia

C.   Metode Pembelajaran
1. Model
-  Direct Instruction (DI)
-  Kooperatif Learning

2. Metode
HH. Diskusi kelompok

D.  Langkah-Langkah Kegiatan
        1. Pertemuan Pertama
            a.  Kegiatan Pendahuluan
-  Motivasi
   Apakah kebutuhan makhluk hidup yang paling utama ?
II.  Prasyarat Pengetahuan
1.    Sebutkan 5 macam unsure yang kamu ketahui ?

        2. Kegiatan inti
-  Guru membimbing peserta didik dan pembentukan kelompok.
-  Guru dan peserta didik mendiskusikan tentang aturan penulisan nama unsure, senyawa dan rumus kimia
-  Siswa membuat laporan kerja dan dipersentasuikan
-  Guru dan siswa membuat kesimpulan dari hasil persentase

  3.Kegiatan Penutup
-  Guru dan siswa membuat kesimpulan /rangkuman dari hasil diskusimembimbing siswa membuat rangkuman/kesimpulan
-  Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang telah didiskusikan
-  Guru memberi tugas untuk mendata unsure kimia yang terdapat pada makanan atau minuman dalam kelompok.



1. Pertemuan Kedua
            a.  Kegiatan Pendahuluan
-  Motivasi :
 -   Guru menyampaikan kompetensi dasar, indicator dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa
-  Secara klasikal guru memberi pertanyaan tentang perberdaan unsure\ dengan senyawa

        2. Kegiatan inti
-  Secara kelompok peserta didik mencari informasi.studi referensi untuk mengetahui perbedaan unsure dengan senyawa kemudian mengkomunikasikannya.
- Guru melakukan Tanya jawab tentang rumus kimia

  3.Kegiatan Penutup
-  Guru membimbing siswa membuat rangkuman/kesimpulan
-  Guru memberikan latihan soal-soal tentang senyawa dan rumus kimia sederhana


E. Sumber Belajar
1.        Buku Siswa
2.        Buku referensi

F.Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian
- tes tertulis

 b. Bentuk Instrumen
-  Pilihan Ganda dan Uraian

5.        Contoh Instrumen
JJ.       Pilihan Ganda
1. Lambang K merupakan nama unsur . . .. .
    a. Iodium                      b.Besi              c. Emas                 d. Nikel                  e.Oksigen

       2. Tuliskan nama unsure dari lambing unsure
                       a. S                   b. Ca                c.P                       d. C                         e. H

       3.  Jelaskan 2 aturan penulisan lambangb unsure

        4. Tuliskan rumus kimia air dan karbondioksida

                                      


                                                                                                       Sekayu, Juli 2009
              Mengetahui,                                                                    Guru Bidang Studi,  
     Kepala SMP ............



       .......................................                                                          ...................
      NIP.                                                                                          NIP.










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Sekolah                       :  SMP Negeri .........
Mata Pelajaran            :  IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester          :  VII (tujuh) / I


Standar Kompetensi   :
2. Memahami klasifikasi zat

Kompetensi Dasar       :
2.4. Membandingkan sifat unsure, senyawa dan campuran

Indikator
KK.                    Membandingkan sifat unsure, senyawa dan campuran berdasarkan campuran
II.  Membuat bagan klasifikasi materi secara sederhana
JJ.  Mengelompokkan zat-zat kedalam campuran homogen dan heterogen dalam kehidupan sehari-hari

alokasi waktu : 3 x 40 menit

A. Tujuan  Pembelajaran        
     Peserta didik dapat
        1.  Menjelaskan pengertian dari unsure
        2.  Membedakan antara sifat unsure, senyawa dan campuran
        3.  Membuat bagan klasifikasi materi secara sederhana
        4.  Mengelompokkan zat-zat kedalam campuran homogen dan heterogen

B.  Materi Pembelajaran
       1.  Unsur Kimia
       2. Rumus kimia dan nama senyawa
       3. Campuran homogen beserta sifatnya

C.   Metode Pembelajaran
1. Model
-  Direct Instruction (DI)
-  Kooperatif Learning

2. Metode
NN. Diskusi kelompok

D.  Langkah-Langkah Kegiatan
        1. Pertemuan Pertama
            a.  Kegiatan Pendahuluan
-  Motivasi
   Apakah  lambing unsure dari emas?
OO. Prasyarat Pengetahuan
1.    Apakah yang dimaksud dengan unsure ?

        2. Kegiatan inti
-  Guru membagi siswa kedalam kelompok
-  Secara kelompok siswa mendiskusikan lambing, unsure dan senyawarumus kimia
-  Setiap kelompok mempresentasikan dan siswa lain menanggapinya
-  Guru membimbing diskusi kelompok tersebut
-  Siswa membuat rangkuman

  3.Kegiatan Penutup
-  Guru dan siswa membuat kesimpulan /rangkuman dari hasil diskusimembimbing siswa membuat rangkuman/kesimpulan
-  Guru memberi tugas untuk mendata unsure yang terdapat pada makanan atau minuman

E. Sumber Belajar
1. Buku Siswa
2. LKS
3.        Buku referensi

F.Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian
- tes tertulis
- Tes Unjuk kerja

 b. Bentuk Instrumen
-  Test Uraian

c.Contoh Instrumen
PP.    Tentukan zat yang bersifat unsure, senyawa dan campuran
QQ. Buatlah bagan materi secara sederhana
RR.  Kelompokkanlah zat-zat yang tergolong dalam campuran homogen dan heterogen






                                                                                                       Sekayu, Juli 2009
              Mengetahui,                                                                    Guru Bidang Studi,  
     Kepala SMP ............



      ......................................                                                            ...................
      NIP.                                                                                        NIP.





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 01)

Sekolah                       :  SMP Negeri...........
Mata Pelajaran            :  IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester          :  VII (tujuh) / II


Standar Kompetensi   :
5 Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan

Kompetensi Dasar       :
5.3. Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala
       kehidupan

Indikator
1. Mengenal bagian-bagian mikroskop
2. Menggunakan mikroskop dengan benar (mengatur focus, pencahayaan, menemukan objek
    mikroskop)

Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran


A. Tujuan  Pembelajaran        
     Peserta didik dapat
        1.  Menunjukkan bagian-bagian mikroskop
        2.  Menyebutkan fungsi bagian-bagian mikroskop
        3.  Menggunakan mikroskop dengan benar
       
B.  Materi Pembelajaran
       1.  Bagian-bagian mikroskop (lensa okuler, tubus, revolver, lensa objektif, meja benda, penjepit kaca
            benda, diafragma, cermin, tombol pengatur kasar, tombol pengatur halus, lengan , kaki
            mikroskop)
       2.  Fungsi  bagian-bagian mikroskop
       3.  Cara menggunakan mikroskop

C.   Metode Pembelajaran
1. Model
-  Direct Instruction (DI)
-  Kooperatif Learning

D.  Langkah-Langkah Kegiatan
        1. Pertemuan Pertama
            a.  Kegiatan Pendahuluan
-  Motivasi  dan Apersepsi
   Pernahkan kalian melihat mikroskop ?
          Prasyarat Pengetahuan
1. Apakah bagian-bagian mikroskop itu ?

        2. Kegiatan inti
-  Guru membimbing siswa untuk duduk menurut kelompok
-  Siswa mendiskusikan bagian-bagian mikroskop dan fungsinya
-  Guru membimbing diskusi kelompok tersebut
-  Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan kelompok lain menanggapi
-  Guru mendemonstrasikan cara menggunakan mikroskop.
-  Siswa membuat rangkuman
-  Siswa melakukan pengamatan dengan mikroskop menggunakan preparat jadi
- Guru membimbing siswa dalam kelompok tentang cara menggunakan mikroskop
-  Siswa mempresentasikan tentang cara menggunakan mikroskop


  3.Kegiatan Penutup
- Guru dan siswa membuat kesimpulan /rangkuman tentang bagian-bagian mikroskop dan
   fungsinya
-  Guru beserta siswa menyimpulkan tentang cara menggunakan mikroskop dengan benar.
-  Guru memberikan tes cesara lisan tentang bagian-bagian mikroskop dan fungsinya

E. Sumber Belajar
1. Buku Siswa
2. LKS
3. Mikroskop

F.Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian
- tes tertulis
- Tes Unjuk kerja

 b. Bentuk Instrumen
-  Test Uraian

 c. Contoh Instrumen
1. Tentukan dan sebutkan nama-nama bagian-bagian mikroskop
2. Amati preparat basa atau jadi yang sudah tersedia hingga ditemukan objek yang dimaksud







                   Mengetahui,                                                                 Sekayu, Januari 2011  
      Kepala SMP Negeri                                                                 Guru Mata Pelajaran, 



                                                                                                      
      NIP.                                                                                           NIP.



                                                                                                                 
               




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 02)

Sekolah                       :  SMP Neg........
Mata Pelajaran            :  IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester          :  VII (tujuh) / II


Standar Kompetensi   :
5.  Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan

Kompetensi Dasar       :
6.      Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam

Indikator
1. Memegang, mambawa dan memperlakukan alat dari bahan secara aman
2. Mendeskripsikan bahan-bahan yang berbahaya dan yang dapat menimbulkan penyakit
3. Mengidentifikasi symbol-simbol dalam laboratorium

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x Pertemuan )


A. Tujuan  Pembelajaran        
     Peserta didik dapat
1.      Menggunakan mikroskop dengan benar
2.      Menjelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga keselamatan kerja di laboratorium
           biologi
3. Menyebutkan bahan-bahan yang berbahaya dan dapat menimbulkan penyakit yang dapat d  
    ditemukan di laboratorium
4. Menunjukkan symbol-symbol yang tertera pada wadah atau botol kimia
5. Menunjukkan manfaat mengenali symbol-symbol yang tertera pada wadah atau botol kimia
6. Menyebutkan 3 cara untuk menanggulangi terjadinya kecelakaan di laboratorium

B.  Materi Pembelajaran
       1.  Cara menggunakan mikroskop ( tahap persiapan)
       2.  Untuk menjaga keselamat kerja di lab. Biologi
       3.  Symbol-symbol/label yang tertera pada zat kimia dalam lab
       4.  Bahaya zat kimia
       5.  Penanggulangan kecelakaan di laboratorium

C.   Metode Pembelajaran
1. Model
-  Direct Instruction (DI)
-  Kooperatif Learning
       2.  metode
           - Demonstrasi
           - Diskusi
           - Observasi Lab

D.  Langkah-Langkah Kegiatan
        1. Pertemuan Pertama
            a.  Kegiatan Pendahuluan
-  Motivasi
   di dalam laboratorium apa sajakah yang kamu jumpai tentang keselamatan kerja di lab.
    Tersebut.
          Prasyarat Pengetahuan
1. Menanyakan pada peserta didik sewaktu kamu akan melaksanakan kegiatan
    dilaboratorium apakah yang kamu taati lebih dahulu ?
        2. Kegiatan inti
-  Guru mendemonstrasikan cara membawa mikroskop yang benar kemudian memerintah salah satu siswa untuk melakukan hal yang sama seperti yang ditunjukkan guru.
-  Guru menyuruh siswa membaca buku tentang keselamatan kerja dalam melakukan praktikum di laboratorium yang tertera dalam buku referensi , studi pustaka
-  Guru membagi siswa kedalam kelompok-kelompok, setiap kelompok mengadakan observasi laboratorium untuk mengamati label-label/symbol-simbol yang ada dilaboratorium.
-  Guru menyuruh salah satu kelompok untuk mempresentasekan hasil observasi dan membimbing siswa untuk membuat kesimpulan.  Jika masih ada yang kurang/salah guru langsung memberi bimbingan/tambahan.

  3.Kegiatan Penutup
-  Memberi penghargaan kepada dengan kinerja baik.
-  Guru membimbing siswa merangkum pelajaran

        4. Uji Kompetensi Lisan
          -  Bagaimana cara membawa mikroskop dengan benar ?
          - Apa yang terjadi kalau menggunakan asam sulfat pekat tidak hati-hati ?
          - Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam keselamatan kerja di laboratorium ?

E. Sumber Belajar
1. Buku Siswa
2.Buku referensi
3. Laboratorium
4. Alat-alat /bahan kimia
5. Praktikum

F.Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian
- tes tertulis
- Tes Unjuk kerja

 b. Bentuk Instrumen
-  Test Uraian

c.Contoh Instrumen
   a. Soal tes uji petik produk
1. lakukan dengan prosedur yang benar cara membawa mikroskop !
Rubik
ASPEK
SKOR
2. Cara Yang Benar Membawa Mikroskop
2

1. Contoh tes PG
1. Manakah bahan-bahan berbahaya dan dapat menimbulkan penyakit yang dapat ditemukan
   dilaboratorium ?
a. Air        b. Asam sulfat             c. Alkohol                   d. Glukosa
2. tanda atau label yang tertera pada tandah atau botol zat kimia seperti gambar berikut,
    artinya :
a.       Zat mudah terbakar
b.      Zat menimbulkan keracunan
c.       Menimbulkan luka baker
d.      Bahan yang menimbulkan uap beracun
Kunci 1. B
           2. B                            


                    Mengetahui,                                                                Sekayu, Januari 2011  
      Kepala SMP Negeri                                                                  Guru Mata Pelajaran, 



      ..........................                                                                        .....................................
      NIP.                                                                                          NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 03)

Sekolah                       :  SMP Negeri............
Mata Pelajaran            :  IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester          :  VII (tujuh) / II


Standar Kompetensi   :
6. Memahami keanekaragaman Mahluk Hidup

Kompetensi Dasar       :
6.1.Mengidentifikasi ciri-ciri mahluk hidup

Indikator
1. Mengidentifikasi cirri-ciri mahluk hidup
2. Menyimpulkan cirri-ciri mahluk hidup
3. Membedakan cirri tumbuhan dan hewan

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x Pertemuan )

A. Tujuan  Pembelajaran        
     Peserta didik dapat
        1.  Mendeskripsikan cirri-ciri mahluk hidup
        2.  Menyimpulkan cirri-ciri mahluk hidup
        3.  Membedakan cirri tumbuhan dan hewan
       
B.  Materi Pembelajaran
      Ciri-ciri mahluk hidup

C.   Metode Pembelajaran
1. Model
-  Direct Instruction (DI)
-  Kooperatif Learning

       2.  metode
           - Diskusi
           - Observasi

D.  Langkah-Langkah Kegiatan
        1. Pertemuan Pertama
            a.  Kegiatan Pendahuluan
-  Motivasi
   Apa sajakah yang termasuk mahluk hidup
          Prasyarat Pengetahuan
1. Mahluk hidup apa saja yang terdapat disekitar kita?

        2. Kegiatan inti
 - Guru membimbing siswa dalam kegiatan kelompok untuk mengamati lingkungan disekitar
    kelompok
 -  Secara kelompok siswa mendiskusikan cirri-ciri mahluk hidup
 -  Guru menanggapi jawaban siswa dalam kelompok yang dipresentasikan kedepan
 -  Guru membimbing siswa dalam nenyimpulkan hasil presentase

  3.Kegiatan Penutup
-  Guru dan siswa membuat rangkuman/kesimpulan
- Guru memberi tugas kepada siswa .




E. Sumber Belajar
1. Buku Siswa
2.Lingkungan sekolah

F.Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian
- tes tertulis
- Tes Unjuk kerja

 b. Bentuk Instrumen
-  Pilihan Ganda

c. Contoh Instrumen
    - Pilihan Ganda

1.      Ciri mahluk hidup yang berkaitan erat dengan usaha mahluk hidup untuk mempertahankan jenisnya adalah . . .
a.       Peka terhadap rangsangan
b.      Memerlukan makanan
c.       Memerlukan air dan O2
d.      Berkembang biak
2.      Burung terbang dengan sayapnya menunjukkan cirri-ciri  mahluk hidup yaitu . .
a.       Tumbuh
b.      Berkembang biak
c.       Bergerak
d.      Peka terhadap rangsangan





                   Mengetahui,                                                                Sekayu, Januari 2011  
      Kepala SMP Negeri ...............                                                Guru Mata Pelajaran, 



      .......................................                                                           ....................................
      NIP.                                                                                          NIP. ...........................



                                                                                               
                                                                                                                  


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 04)

Sekolah                       :  SMP Negeri...............
Mata Pelajaran            :  IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester          :  VII (tujuh) / II


Standar Kompetensi   :
6. Memahami keanekaragaman Mahluk Hidup

Kompetensi Dasar       :
6.2. Mengidentifikasi mahluk hidup berdasarkan ciri-ciri mahluk hidup

Indikator
1. Membedakan mahluk hidup yang satu dengan yang lainnya berdasarkan ciri khusus kehidupan
    yang dimiliki
2. Mendeskripsikan tentingnya dilakukan klasifikasi makhluk hidup
3. Membuat perbandingan cirri-ciri khusus tiap kingdom dalam system 3 kingdom
4. Mengklasifikasi berapa makhluk hidup sekitar berdasar cirri yang diamati

Alokasi Waktu : 6 x 40 menit (3 x Pertemuan )

A. Tujuan  Pembelajaran        
     Peserta didik dapat
        1.  Mengidentifikasi ciri khusus yang dimiliki organisme
        2.  Mengelompokkan organisme yang memiliki persamaan cirri dalam satu kelompok tertentu
        3.  Mencari Informasi melalui referensi  tentang dasar-dasar klasifikasi mahluk hidup
        4.  Membuat perbandingan cirri-ciri khusus tiap kingdom dalam system 3 kingdom dan memberi  
             contohnya
        5.  Mengklasifikasi berapa makhluk hidup sekitar berdasar cirri yang diamati
        6. Mengumpulkan cirri-ciri mahluk hidup
        7.  Menurut tahap-tahap perkembangan pada manusia batita, remaja, dewasa, manula
       
        
B.  Materi Pembelajaran
      Klasifikasi  mahluk hidup

C.   Metode Pembelajaran
1. Model
-  Direct Instruction (DI)
-  Kooperatif Learning

       2.  metode
           - Diskusi
           - Eksperimen

D.  Langkah-Langkah Kegiatan
        1. Pertemuan Pertama
            a.  Kegiatan Pendahuluan
-   Motivasi
    Sebutkan 5 macam mahluk hidup yang ada di sekelilingmu (sekitarnya)
        -. Prasyarat Pengetahuan
                     Sebutkan ciri-ciri mahluk hidup

        2. Kegiatan inti
-  Guru membimbing siswa dalam kegiatan kelompok untuk mengamati lingkungan disekitar kelompok
-    membawa kelompok ke lokasi yang telah ditentukan
-   Peserta didik dan kelompok melakukan eksperimen
-   Peserta didik mengamati dan membuat laporan
-  peserta didik mendiskusikan dan membuat kesimpulan sementara dengan anggotanya
-  Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang benar.

  3.Kegiatan Penutup
-   Guru bersama peserta didik melakukan diskusi kelas dari hasil eksperimen kelompok
-   Guru bersama peserta didik membuat.kesimpilan/rangkuman hasil belajar
-   Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap  materi yang baru dipelajari
-   Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan : siswa membedakan mahluk hidup dan
    mahluk tak hidup.

Pertemuan Kedua
            a.  Kegiatan Pendahuluan
                 -  Motivasi dan apersepsi
                    Apa yang dimaksud dengan kingdom ?
                     Ada berapa macam kingdom ?
                 -  Prasyarat Pengetahuan
                     Guru menunjukkan syarat-syarat pengelompokan dalam kingdom
            b.  Kegiatan Inti
                 -  Melalui diskusi kelas guru memberikan informasi mahluk hidup yang satu dengan yang lain
                     berdasarkan cirri khusus kehidupan sehari-hari.
                  - Melalui diskusi kelompok peserta didik diberi tugas membuat perbandingan tengtang
                     kingdom 
                  -  Guru memberikan informasi cara menentukan kelompok tumbuhan yang tergolong
                     thalophyta.
            c.  kegiatan Penutup
                  -  Guru bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat rangkuman
                  -  Guru memberikan latihan soal-soal tentang soal-soal tumbuhan berpembuluh dan tidak
                      berpembuluh
                  -. Guru memberikan tugas rumsh berups latihan soal

Pertemuan Ketiga
            a.  Kegiatan Pendahuluan
                 -  Motivasi dan apersepsi
                    Apakah perbedaan antara vertebrata dan invertebrate ?
                    Beri contoh masing-masing tentang hewan ini ?
                 -  Prasyarat Pengetahuan
                     Guru menunjukkan pengelompokkan hewan yang paling sederhana dengan melihat struktur
               tulang belakang
      b.  Kegiatan Inti
            -  Melalui diskusi kelas guru memberikan informasi tentang beberapa mahluk hidup disekitar
                kita berdasarkan cirri-ciri yang diamati.
                  -. Melalui diskusi kelompok, peserta didik diberi tugas mengelompokkan beberapa hewan
            vertebrata dan invertebrata.
            c. Kegiatan Penutup
  -  Guru bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat rrangkuman
  -  Guru memberikan latihan soal-soal tentang vertebrata dan invertebrate
  -  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal-soal

E. Sumber Belajar
1. Buku Siswa
2.Lingkungan sekolah

F.Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian
- tes tertulis
- Tes Unjuk kerja

 b. Bentuk Instrumen
-  Pilihan Ganda


c.Contoh Instrumen
    - Pilihan Ganda

1. Monera merupakan organisme yang . . . . .
a. Bersel satu seperti tumbuhan sederhana
b. Peka terhadap rangsangan
c. Bersel banyak seperti tumbuahan sempurna
d. Ber sel banyak menyerupai hewan sempurna

2. Tes Isian
Sebutkan 2 contoh tumbuhan termasuk thallophyta :
Kunci :  Tumbuhan ganggang dan tumbuhan lumut kerak ( Lichenes)


                           



                    Mengetahui,                                                                Sekayu, Januari 2011  
      Kepala SMP Negeri                                                                 Guru Mata Pelajaran 



      ....................................                                                             .......................................
      NIP. ......................................                                                   NIP.........................




































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 05 )

Sekolah                       :  SMP Negeri............
Mata Pelajaran            :  IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester          :  VII (tujuh) / II


Standar Kompetensi   :
6. Memahami keanekaragaman Mahluk Hidup

Kompetensi Dasar       :
6.1.Mendeskripsikan keragaman pada system organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai
      organisme

Indikator
1. Mendeskripsikan keragaman tingkat sel berdasarkan hasil pengamatan menggunakan mikroskop
2. Mendeskripsikan keragaman tingkat  jaringan menurut sel-sel penyusunnya
3. Mendeskripsikan keragaman tingkat organ dan system organ berdasarkan hasil pengamatan
4. Meningkatkan hubungan antara sel, jaringan organ dan system organ penyusun tubuh

Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (4 x Pertemuan )

A. Tujuan  Pembelajaran        
     Peserta didik dapat
        1.  Memahami pengertian sel
        2.  Memahami bagian-bagian serta fungsinya
        3.  Dapat menggambarkan sel hewan dan sel tumbuhan
        4.  Memahami pengertian jaringan, organ , system organ
        5.  Memahami beberapa system organ pada manusia dan hewan tingkat tinggi

B.  Materi Pembelajaran
      Organisasi kehidupan

C.   Metode Pembelajaran
1. Model
-  Direct Instruction (DI)
-  Kooperatif Learning

       2.  Metode
           - Diskusi
           - Diskusi Informasi

D.  Langkah-Langkah Kegiatan
        1. Pertemuan Pertama
            a.  Kegiatan Pendahuluan
-  Motivasi
    Pernahkan kamu mendengar kata-kata sel ?
    Apa arti sel ?
       -. Prasyarat Pengetahuan
Hati-hati menggunakan mikroskop untuk pengamatan sel
        2. Kegiatan inti
-  Guru membagi siswa kedalam kelompok-kelompok
-  Guru menjelaskan cara membuat peparat (sel bawang)
-  Guru mendemostrasikan langkah kerja
-  Guru membimbing sisws pada saat kerja.

  3.Kegiatan Penutup
-  Guru membimbing siswa merangkum pelajaran
-  Uji kompetensi unjuk kerja
    Buat sayatan sel bawang kemudian amati dengan mikroskop serta buat laporan hasil kerja

E. Sumber Belajar
1. Buku Siswa
2. Mikroskop
3. Bawang (untuk membuat peparat)

F.Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian
- tes tertulis
- Tes Unjuk kerja

 b. Bentuk Instrumen
-  Tes Identifikasi dan uji petik kerja
- Prosedur

c.Contoh Instrumen
    a.  Soal tes identifikasi dan uji petik kerja prosedur
         1.  Gambarkan sel bawang dari hasil pengamatan
  
2.  Contoh tes pilihan ganda
                 Dari  gambar dibawah ini
                 Inti sel ditunjukkan oleh huruf

                  




                    Mengetahui,                                                                Sekayu, Januari 2011  
      Kepala SMP Negeri                                                                 Guru Mata Pelajaran, 



      ........................................                                                          .....................................
      NIP.                                                                                          NIP.


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 06 )

Sekolah                       :  SMP Negeri
Mata Pelajaran            :  IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester          :  VII (tujuh) / II


Standar Kompetensi   :
7. Memahami Saling Ketergantungan Dalam Ekosistem

Kompetensi Dasar       :
7.1.Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistem

Indikator
1. Megidentifikasi satuan-satuan dalam ekosistem dan menyatakan matahari  merupakan sumber
    energi
  2. Menggambarkan dalam bentuk diagram rantai makanan dan jaringan kehidupan

Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (3 x Pertemuan )

A. Tujuan  Pembelajaran        
     Peserta didik dapat
        1.  Mendefinisikan arti individu
        2.  Menunjukkan satu satuan individu
        3.  Menjelaskan arti populasi
        4.  Menghitung kerapatan populasi
        5.  Menjelaskan arti komunitas
        6.  Menyebutkan contoh komunitas
        7.  Menjelaskan arti ekosistem
        8.  Menjelaskan 2 macam ekosistem berdasarkan cara terjadinya
        9.  menjelaskan arti biosfer

B.  Materi Pembelajaran
      Satuan Mahluk Hidup dalam Ekosistem

C.   Metode Pembelajaran
1. Model
-  Direct Instruction (DI)

       2.  metode
           - Diskusi Kelompok
 
D.  Langkah-Langkah Kegiatan
        1. Pertemuan Pertama
            a.  Kegiatan Pendahuluan
-  Motivasi
    Bagaimanakah terbentuknya suatu lingkungan tempat berlangsungnya kehidupan
          -. Prasyarat Pengetahuan
                    Apakah yang dimaksud organisme.

        2. Kegiatan inti
-  Guru membimbing siswa dalam pembagian kelompok.
-  Guru menyuruh siswa kehalaman sekolah untuk mencari satuan dalam ekosistem.
-  Guru memberi bimbingan kepada siswa untuk menghitung kumpulan populasi dengan kuadran
-  Guru membimbing siswa melakukan presentase hasil lapangan dan kelas

  3.Kegiatan Penutup
-  Guru bersama siswa membuat kesimpulan rangkuman
-  Guru memberikan tes lisan untuk mengetahui daya serap.
-  Guru memberikan tugas rumah.

Pertemuan Kedua
            a.  Kegiatan Pendahuluan
                 -  Motivasi dan apersepsi
                    Guru bertanya. Bagaimana keberadaan setiap populasi yang ada disuatu tempat,
                    Apakah Hidup sendiri atau berkelompok dengan populasi lainnya ?

                 -  Prasyarat Pengetahuan
                     Guru bertanya. Apakah yang dimaksud dengan populasi

            b.  Kegiatan Inti
                 -  Guru membimbing siswa dalam pembagian kelompok
                 -  Guru memerintah siswa untuk turun ke halaman melakukan pengamatan terhadap
                     ekosistem
                 -  Guru meminta siswa kembali untuk menuliskan hasil pengamatan
                 -  Guru meminta salah satu kelompok mempresentase hasil pengamatan.

            c.  kegiatan Penutup
                  -  Guru bersama siswa membuat rangkuman
                  -  Guru memberikan tes akhir uji komp.lisan
           -  Guru memberikan tugas.

E. Sumber Belajar
1. Buku Siswa
2.  LKS
3. Lingkungan sekolah

F.Penilaian
a. Teknik Penilaian
- tes tertulis
- observasi

 b. Bentuk Instrumen
-  Lembar observasi /LKS
-  Pilihan Ganda
                                                                                                   
                 


                   Mengetahui,                                                                Sekayu, Januari 2011  
      Kepala SMP Negeri                                                                Guru Mata Pelajaran, 



                                                                                                       
      NIP.                                                                                          NIP.















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 07)

Sekolah                       :  SMP Negeri 
Mata Pelajaran            :  IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester          :  VII (tujuh) / II




Standar Kompetensi   :
7. Memahami Saling Ketergantungan Dalam Ekosistem

Kompetensi Dasar       :
7.2. Mengidentifikasikan pentingnya keanekaragaman mahluk hidup dalam pelestarian ekosistem

Indikator
1. Mengidentifikasi mahluk hidup yang tergolong langka
2. Menyebutkan contoh makhluk yang tergolong mahluk hidup langkah disuatu lokasi
3. Mengemukakan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langkah
4. Membuat tulisan untuk mengenalkan jenis, bentuk dan manfaat tumbuhan, hewan langkah yang
    dilindungi


Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2 x Pertemuan )

A. Tujuan  Pembelajaran        
     Peserta didik dapat
1. Mengidentifikasi mahluk hidup yang tergolong langka
2. Menyebutkan contoh makhluk yang tergolong mahluk hidup langkah disuatu lokasi
3. Mengemukakan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langkah
4. Membuat tulisan untuk mengenalkan jenis, bentuk dan manfaat tumbuhan, hewan langkah yang
    dilindungi


B.  Materi Pembelajaran
      Keanekaragaman mahluk hidup dalam pelestarian lingkungan


C.   Metode Pembelajaran
1. Model
-  Direct Instruction (DI)
-  Kooperatif learning

       2.  metode
           - Diskusi Kelompok
            -  Study pustaka
 
D.  Langkah-Langkah Kegiatan
        1. Pertemuan Pertama
            a.  Kegiatan Pendahuluan
-  Motivasi
   Menanyakan pada peserta didik apakah pernah melihat benteng dan badak bercula satu ?
                    Prasyarat Pengetahuan
Dimanakah habitat kedua hewan tersebut
        2. Kegiatan inti
-  Guru mengarahkan jawaban pertanyaan dengan meminta peserta didik untuk membuka dan membaca buku siswa
-  Guru membimbing peserta didik pada diskusi kelompok
-  Peserta didik mempresentasikan hasil kelompok pada diskusi kelas
-  Guru mengarahkan pada jawaban yang benar

  3.Kegiatan Penutup
-  Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan/ rangkuman hasil diskusi kelas.
-  Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang baru saja dipelajari
-  Guru memberikan tugas rumah kepada peserta didik, misalnya menyebutkan lima macam hewan langkah, lima macam tumbuhan langkah yang terdapat diluar pulau jawa.

Pertemuan Kedua
            a.  Kegiatan Pendahuluan
                 -  Motivasi dan apersepsi
                    Menanyakan kepada peserta didik mengapa tanaman anggrek nilai ekonomisnya tinggi
                 -  Prasyarat Pengetahuan
                     Bagaimana cara membudidayakannya ?

            b.  Kegiatan Inti
                 -  Guru membagi peserta didik dalam kelompok-kelompok
                 -  Guru membimbing peserta didik pada diskusi kelompok
                 - Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok pada diskusi kelas
                 -  Guru mengarahkan pada jawaban yang benar.

            c.  kegiatan Penutup
                  -  Guru bersama siswa membuat rangkuman
                  -  Guru memberikan latihan tentang budidaya hewan dan tumbuhan
                  -  Guru memberi tugas rumah berupa budi daya hewan dan tumbuhan
           -  Guru memberikan tugas.

E. Sumber Belajar
1. Buku Siswa
2.  LKS
3. Buku referensi

F.Penilaian
a. Teknik Penilaian
- tes tertulis
- penugasan

 b. Bentuk Instrumen
       - Isian
       - Daftar pertanyaan
       - PG
      - Tugas rumah
     
      c. Contoh Instrumen
            - instrument tes isian
               Mahluk hidup tergolong langkah apabila .. . .

        1. Contoh tes
Dua contoh hewan langkah di pulau jawa
Banteng, Badak Bercula Satu

2. Contoh Tes PG
Salah satu pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langka  supaya
a)      terjamin ketersediaan plasma nutfah
b)      jumlah tumbuhan dan hewan tidak berkurang
c)      menambah keindahan alam
d)     memutuskan kelangsungan daur hara yang ada di alam
Kunci A
        3. Contoh tes identifikasi
Sebutkan dua contoh hewan langkah di daerah
1.      a Sumatera
2.      b Jawa
Kunci 1 . a Harimau Sumatera
                b. Gajah Sumatera
           2.  a. banteng
                b. Badak Bercula Satu
Skor 4




                   Mengetahui,                                                                Sekayu, Januari 2011  
      Kepala SMP Negeri ..............                                                Guru Mata Pelajaran, 



      .......................................                                                           ............................
      NIP. ........................................                                                NIP.



                                                                                                                   









































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 08)

Sekolah                       :  SMP Negeri ..........
Mata Pelajaran            :  IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester          :  VII (tujuh) / II




Standar Kompetensi   :
7. Memahami Saling Ketergantungan Dalam Ekosistem

Kompetensi Dasar       :
7.3.Memprediksi pengaruh kepadatan populasi terhadap lingkungan

Indikator
1. Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan kebutuhan air bersih dan udara bersih
2. Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan kebutuhan pangan
3. Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan ketersediaan lahan
4. Menjelaskan pengaruh meningkatnya populasi penduduk terhadap kerusakan lingkungan

Alokasi Waktu : 4 x 40  Menit (2 x Pertemuan )

A. Tujuan  Pembelajaran        
     Peserta didik dapat
1. Mengidentifikasikan pengertian kepadatan populasi penduduk
2. Meghubungkan antara kepadatan populasi dengan daya dukung lingkungan
3. Mencari hubunngan populasi penduduk dengan kebutuhan air bersih dan udara bersih
4. Mencari hubungan populasi penduduk dengan kebutuhan pangan
5. Mencari hubungan populasi penduduk dengan ketersediaan lahan
6. Mempresentasikan pengaruh meningkatnya  populasi penduduk terhadap kerusakan lingkungan

B.  Materi Pembelajaran
-    Pengertian kepadatan populasi penduduk
-    Meghubungkan antara kepadatan populasi dengan daya dukung lingkungan
-    Mencari hubunngan populasi penduduk dengan kebutuhan air bersih dan udara bersih
-    Mencari hubungan populasi penduduk dengan kebutuhan pangan
-    Mencari hubungan populasi penduduk dengan ketersediaan lahan
-    Mempresentasikan pengaruh meningkatnya  populasi penduduk terhadap kerusakan lingkungan


C.   Metode Pembelajaran
1. Model
-  Direct Instruction (DI)
-  Kooperatif learning

       2.  metode
           - Diskusi Kelompok
 
D.  Langkah-Langkah Kegiatan
        1. Pertemuan Pertama
            a.  Kegiatan Pendahuluan
-  Motivasi
    Menanyakan pada peserta didik apakah yang mereka rasakan apabila mereka tinggal di          
    pemukiman yang padat.
Prasyarat Pengetahuan
Apakah yang dimaksud dengan kepadatan penduduk



        2. Kegiatan inti
-  Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok
-  Guru memberi LKS dan meminta siswa untuk mengerjakan LKS
-  Guru membimbing siswa dalam mengerjakan LKS

  3.Kegiatan Penutup
-  Siswa mempresentasekan hasil diskusi kelompok
-  Guru memberikan penghargaan pada kelompok dengan kinerja yang baik
-  Membimbing  siswa merangkum pelajaran
-  Uji kompetensi tertulis
     Sebutkan pengertian kepadatan pendudukl
     Jelaskan hubungan antara kepadatan populasi penduduk dengan ketersediaan air dan udara bersih.

Pertemuan Kedua
            a.  Kegiatan Pendahuluan
                 -  Motivasi
                    Apakah kamu tahu mengapa di kota besar banyak dijumpai bagunan bertingkat atau rumah
                    susun ?
                 -  Prasyarat Pengetahuan
                     Dampak dari kepadatan penduduk

            b.  Kegiatan Inti
                 -  Guru membagi peserta didik dalam kelompok-kelompok
                 -  Guru membimbing peserta didik pada diskusi kelompok
                 - Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok pada diskusi kelas
                 -  Guru mengarahkan pada jawaban yang benar.

            c.  kegiatan Penutup
                  -  Siswa mempresentasekan hasil kerja kelompoknya
                  -  Memberi penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik
                  -  Membimbing siswa merangkum pelajaran
                  -  Uji Kompetensi
                      Jelaskan hubungan antara kepadatan populasi dengan ketersediaan air bersih
                      Jelaskan pengertian kepadatan populasi dengan kerusakan lingkungan

E. Sumber Belajar
1. Buku Siswa
2.  LKS
3.  Gambar

F.Penilaian
a. Teknik Penilaian
- tes tertulis

 b. Bentuk Instrumen
       - Isian
       - PG
     
      c. Contoh Instrumen
            - instrument tes isian
              1.  Jelaskan antara kepadatan antara populasi penduduk dengan ketersediaan air bersih !
                   Kunci :  Semakin tinggi kepadatan populasi  penduduk maka ketersediaan air bersih semakin
                                 berkurang
            2.  Berikut ini yang merupakan dampak negatif dari tingginya kepadatan penduduk adalah …
                  a. Tersedianya tenaga kerja
                  b.  Terancamnya kelestarian lingkungan hidup
                  c.  Kesehatan masyarakat semakin baik
                  d. Tidak mempengaruhi taraf kesejahteraan masyarakat


Contoh tes
Dua contoh hewan langkah di pulau jawa
Banteng, Badak Bercula Satu

Contoh Tes PG
Salah satu pentiungnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langkah supaya
a. terjamin ketersediaan plasma nutfah
b. jumlah tumbuhan dan hewan tidak berkurang
c. menambah keindahan alam
d. memutuskan kelangsungan daur hara yang ada di alam
Kunci A

Contoh tes identifikasi
Sebutkan dua contoh hewan langkah di daerah
3.      a Sumatera
4.      b Jawa
Kunci 1 . a Harimau Sumatera
                b. Gajah Sumatera
           2.  a. banteng
                b. Badak Bercula Satu
Skor 4





                    Mengetahui,                                                                Sekayu, Januari 2011  
      Kepala SMP Negeri                                                                   Guru Mata Pelajaran, 



       .......................................                                                           ....................................
      NIP.                                                                                            NIP.





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 09)

Sekolah                       :  SMP Negeri ..........
Mata Pelajaran            :  IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester          :  VII (tujuh) / II




Standar Kompetensi   :
7. Memahami Saling Ketergantungan Dalam Ekosistem


Kompetensi Dasar       :
7.1.Mengaplikasi peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan
      kerusakan lingkungan


Indikator
1. Menjelaskan konsekuensi penebangan hutan dan pengaruhnya terhadap kerusakan lingkungan
    serta upaya mengatasinya.
2. Menjelaskan pengaruh pencemaran air, udara dan tanah kaitannya dengan aktivitas manusia serta
    upaya mengatasinya.
3. Menghasilkan cara penanggulangan pencemaran dan kerusakan lingkungan


alokasi waktu : 4 x 40  Menit (2 x Pertemuan )


A. Tujuan  Pembelajaran        
     Peserta didik dapat
1. Menyebutkan akibat-akibat yang terjadi pada lingkungan dari penebangan hutan
2. Menyebutkan upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kerusakan lingkungan akibat
    penebangan hutan
3. Menyebutkan pengertian populasi(Pencemaran)
4. Menjelaskan pengaruh pencemaran air, udara dan tanah terhadap manusia serta lingkungannya
5. Menpresentasikan artikel tentang pengaruh pencemaran lingkungan dan cara penanggulangannya.


B.  Materi Pembelajaran
      Kepadatan populasi hubungannya dengan lingkungan


C.   Metode Pembelajaran
1. Model
-  Direct Instruction (DI)
-  Kooperatif learning


       2.  metode
           - Diskusi Kelompok
            -  Diskusi informasi
            - Pengamatan

D.  Langkah-Langkah Kegiatan

        1. Pertemuan Pertama
            a.  Kegiatan Pendahuluan
-  Motivasi
    Pernahkah kamu melihat air sungai meluap atau banjir ?
            -Prasyarat Pengetahuan
Bagaimana hubungan antara anggota ekosistem dengan lingkungan .

        2. Kegiatan inti
-  Guru membimbing peserta didik dalam membentuk kelompok yang heteroghen
-  Secara berkelompok peserta didik diarahkan keperpustakaan untuk mencari bahan ajar tentang konsep kerusakan lingkungan sdan pencemaran lingkungan.
- Secara berkelompok peserta didik mendiskusikan ketersediaan membuat rumusan konsep kerusakan lingkungan dan pencemaran sementara dengan anggota masing-masing dan anggota kelompok mengkomunikasikan.
-   Guru membimbing setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
-   Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang benar.

  3.Kegiatan Penutup
-  Guru bersama peserta didik melakukan diskusi hasil diskusi kelompok
- Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar hari itu
- Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang baru saja dipelajarinya.
- Guru memberi tugas rumah berupa mencari  artitikel dan gambar tentang aktivitsa manusia yang dapat menimbulkan kerusakan dan pencemaran lingkungan.

Pertemuan Kedua
            a.  Kegiatan Pendahuluan
                 -  Motivasi
                    Pernahkan kalian melihat Kabut tebal ?
                     Bagaimana air sungai yang ada didaerahmu ?
                 -  Prasyarat Pengetahuan
                     Siswa hendaknya sudah mengetahui pengetahuan dasar tentang saling ketergantungan

            b.  Kegiatan Inti
                 -  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok
                 -  Guru menempelkan charta/gambar tayangan gambar tentang
[                -  Guru membimbing siswa untuk mendiskusikan dalam kelompok untuk merumuskan konsep
                    pencemaran lingkungan
                 -  Guru membimbing setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
                 -  Guru menanggapi setiap jawaban peserta didik dan memberikan jawaban yang benar.

            c.  kegiatan Penutup
                  -  Membimbing siswa merangkum pelajaran
                  -  Guru memberi tes untuk mengatahui daya setiap peserta didik tentang materi tersebut

E. Sumber Belajar
1. Buku Siswa
2.  Buku referensi
3.  Charta
4.  VCD

F.Penilaian
a. Teknik Penilaian
- tes tertulis
- penugasan

 b. Bentuk Instrumen
       - PG
       - Tugas dirumah
     
      c. Contoh Instrumen
            - instrument tes isian
              Kemukakan upaya yang harus dilakukan agar pencemaran terhadap air sumur dapat ditekan
              serendah-rendahnya.

Instrumen tes PG
Berikut ini yang tidak ada hubungannya dengan penebangan hutan adalah . . . .
a. Menurunnya ketersediaan kayu
b. Meningkatkan suhu udaea glonal
c. Menurunnya ketersediaan air tanah
d. Meningkatnya kandungan oksigen di udara

Kunci 1 . terlampir              skor = 1
           2. D                          skor = 1





                    Mengetahui,                                                                Sekayu, Januari 2011  
      Kepala SMP Negeri                                                               Guru Mata Pelajaran, 



      ......................................                                                            ......................................
      NIP.........................................                                                 NIP.