RPP Kelas IX

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  RPP )


Nama Sekolah              : SMP Negeri 2  Sekayu
Mata Pelajaran            : IPA Terpadu
Kelas / Semester           : IX / Ganjil
Tahun Pelajaran          : 2010 / 2011


Standar Kompetensi
      1. Memahami berbagai system dalam kehidupan manusia

Kompetensi Dasar
      1.1 Mendeskripsikan system ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan

Indikator
  1. Membandingkan macam-macam organ penyusun system ekskresi pada manusia
  2. Mendeskrepsikan fungsi system ekskresi
  3. Mendata contoh kelainan dan penyakit pada system ekskresi yang dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya.

Alokasi Waktu
     4 x 40 menit ( 2 kali pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat membandingkan 4 macam organ penyusun sistem ekskresi pada manusia, melalui pengamatan charta.
  2. Siswa dapat mendeskripsikan fungsi sistem ekskresi dengan benar melalui diskusi kelompok.
  3. Siswa dapat mendata 5 contoh kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi yang dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya melalui studi pustaka.

B. Materi Pembelajaran
     Sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan

C. Metode Pembelajaran
     Model   : Kooperative Learning
     Metode : Diskusi kelompok

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
     Pertemuan  1.
      Pendahuluan
      Apersepsi     :  Dimanakah letak ginjal   ?
      Motivasi       :  Mengapakah kita selalu buang air kecil  ?

      Kegiatan inti
 - Dengan menggunakan torso ginjal guru menyajikan informasi menganai sistem         ekskresi pada manusia.
- Siswa studi pustaka tentang sistem ekskresi pada manusia
- Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi kelompok
-Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, dan kelompok lain menanggapinya.
- Siswa bertanya hal-hal yang belum jelas.
            Kegiatan penutup
Guru dan siswa membuat rangkuman atau menyimpulkan
Guru memberikan tugas kepada siswa
Pertemuan 2
      Pendahuluan
      Apersepsi     : Apakah fungsi kulit  ?
      Motivasi       : Mengapa setelah olahraga badan kita berkeringat ?

      Kegiatan inti
 - Dengan menggunakan torso kulit, charta paru dan hati guru menyajikan informasi menganai sistem ekskresi pada manusia.
- Siswa studi pustaka tentang sistem ekskresi pada manusia
- Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi kelompok
-Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, dan kelompok lain menanggapinya.
- Siswa bertanya hal-hal yang belum jelas.
            Kegiatan penutup
Guru dan siswa membuat rangkuman atau menyimpulkan
Guru memberikan tugas kepada siswa

E. Sumber Pembelajaran
Buku pelajaran IPA terpadu untuk SMP kelas IX
Buku-buku referensi

F. Penilaian
1. Teknik
     Tes tertulis dan tes unjuk kerja
    2.Bentuk
       Uraian
    3.Instrumen.
 1. Sebutkan 4 macam organ penyusun system ekskresi pada manusia
2.Jelaskan 3 tahap pembentukan urine
3. Sebutkan 3 fungsi kulit.
4. Jelaskan proses pengeluaran pada paru-paru.
5. Zat apakah yang dikeluarkan dari hati?
6. Jelaskan 3 macam kelainan pada system ekskresi






                  Mengetahui,                                                                  Sekayu,  Juli  2010
     Kepala SMP Negeri 2 Sekayu                                                  Guru Mata Pelajaran




                 Rusinah, S.Pd                                                              I r s a n, S.Pd
      NIP. 19600929 198103 2 002                                                  NIP. 19710327 199512 1 001











               RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  RPP )


Nama Sekolah              : SMP Negeri 2 Sekayu
Mata Pelajaran            : IPA Terpadu
Kelas / Semester          : IX / Ganjil
Tahun Pelajaran          : 2010 / 2011


Standar Kopetensi
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan

Kompetensi Dasar
1.2 Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia.
Indikator
1.      Menbandingkat system reproduksi pada pria dan wanita.
2.      Mendeskripsikan fungsi organ reproduksi pada pria dan wanita.
3.      Mendata contoh  kelainan dan penyakit pada organ reproduksi manusia

Alokasi waktu
3 jam pelajaran (1 x pertemuan).

Tujuan pembelajaran
  1. Siswa dapat membedakan system reproduksi pada pria dan wanita dengan benar melalui charta.
  2. Siswa dapat mendeskripsikan fungsi organ reproduksi pada pria dan wanita dengan benar melalui diskusi kelompok.
  3. Siswa dapat memberikan 3 contoh  kelainan dan penyakit pada organ reproduksi manusia dengan benar studi pustaka.

B. Materi Pembelajaran
     Sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan

C. Metode Pembelajaran
     Model   : Direct Instruction
                     Kooperative Learning
     Metode : Diskusi kelompok

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
     Pertemuan  1.
      Pendahuluan
      Apersepsi     :  Bagaimanakan cara mahkluk hidup berkembang biak   ?
      Motivasi       :  Mengapakah makhluk hidup perlu berkembang biak   ?
      Kegiatan inti
 - Dengan menggunakan torso alat reproduksi manusia guru menyajikan  informasi mengenai system  reproduksi pada manusia.
- Siswa studi pustaka tentang system reproduksi pada manusia
- Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi kelompok
-Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, dan kelompok lain menanggapinya.
- Siswa bertanya hal-hal yang belum jelas.
            Kegiatan penutup
Guru dan siswa membuat rangkuman atau menyimpulkan
Guru memberikan tugas kepada siswa
E. Sumber Pembelajaran
Buku pelajaran IPA terpadu untuk SMP kelas IX
Buku-buku referensi

F. Penilaian
1. Teknik
     Tes tertulis dan tes unjuk kerja
    2.Bentuk
       Uraian
    3.Instrumen.
 1. Sebutkan 4 macam organ penyusun system reproduksi pada laki-laki.
2. Sebutkan fungsi ovarium pada alat reproduksi perempuan.
2. Jelaskan proses pembuahan pada manusia.
3. Jelaskan 3 macam kelainan pada system reproduksi.





                  Mengetahui,                                                                    Sekayu,  Juli  2010
     Kepala SMP Negeri 2 Sekayu                                                    Guru Mata Pelajaran




                 Rusinah, S.Pd                                                                I r s a n, S.Pd
      NIP. 19600929 198103 2 002                                                   NIP. 19710327 199512 1 001



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  RPP )


Nama Sekolah              : SMP Negeri 2 Sekayu
Mata Pelajaran            : IPA Terpadu
Kelas / Semester           : IX / Ganjil
Tahun Pelajaran          : 2010 / 2011


Standar Kopetensi
1. Memahami berbagai system dalam kehidupan

Kompetensi Dasar
1.3 Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
Indikator
  1. Membandingkan macam organ penyusun system syaraf pada manusia.
  2. Menjelaskan fungsi otak , sum-sum tulang belakang dan sel-sel syaraf dalam system koordinasi
  3. Menunjukkan bagian-bagian alat indera dan fungsinya
  4. Mendata contoh kelainan dan penyakit pada alat indera yang dijumpai pada kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya

Alokasi waktu
5 jam pelajaran (2 x pertemuan).

Tujuan pembelajaran
  1. Siswa dapat membandingkan macam organ penyusun system syaraf pada manusia dengan benar melalui diskusi kelompok.
  2. Siswa dapat menjelaskan fungsi otak , sum-sum tulang belakang dan sel-sel syaraf dalam system koordinasi melalui studi pustaka.
  3. Siswa dapat menunjukkan bagian-bagian alat indera dan fungsinya dengan benar melalui diskusi kelompok.
  4. Siswa dapat memberi 5 contoh kelainan dan penyakit pada alat indera yang dijumpai pada kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya melalui studi pustaka.

B. Materi Pembelajaran
     Sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
C. Metode Pembelajaran
     Model   : Kooperative Learning
     Metode : Diskusi kelompok

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
     Pertemuan  1.
      Pendahuluan
      Apersepsi     :  Apa yang kita rasakan bila tangan terkena benda panas   ?
      Motivasi       :  Mengapakah kita dapat merasakan sakit bila dicubit  

      Kegiatan inti
 - Dengan menggunakan torso rangka dan indera manusia guru menyajikan  informasi menganai system   koordinasi dan alat indera pada manusia.
- Siswa studi pustaka tentang system koordinasi dan alat indera pada manusia
- Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi kelompok
-Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, dan kelompok lain menanggapinya.
- Siswa bertanya hal-hal yang belum jelas.

            Kegiatan penutup
Guru dan siswa membuat rangkuman atau menyimpulkan
Guru memberikan tugas kepada siswa

E. Sumber Pembelajaran
Buku pelajaran IPA terpadu untuk SMP kelas IX
Buku-buku referensi

F. Penilaian
1. Teknik
     Tes tertulis dan tes unjuk kerja
    2.Bentuk
       Uraian
    3.Instrumen.
1. Sebutkan 3 fungsi utama sistem saraf.
 2.Jelaskan perbedaan fungsi otak dan sumsum tulang belakang pada manusia
3. Sebutkan 3 perbedaan sistem saraf sadar dan tak sadar.
.4. Sebutkan 5 macam indera pada manusia dan jelaskan fungsinya.
5. Jelaskan 3 macam kelainan pada system koordinasi dan alat indera






                  Mengetahui,                                                                   Sekayu,  Juli  2010
     Kepala SMP Negeri 2 Sekayu                                                   Guru Mata Pelajaran




                Rusinah, S.Pd                                                                I r s a n, S.Pd
      NIP. 19600929 198103 2 001                                                  NIP. 19710327 199512 1 001






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  RPP )


Nama Sekolah              : SMP Negeri 2 Sekayu                                                                      
Mata Pelajaran            : IPA Terpadu
Kelas / Semester          : IX / Ganjil
Tahun Pelajaran          : 2009 / 2010


Standar Kopetensi
2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup

Kompetensi Dasar
2.1 Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleksi alam dan pekembangbiakan

Indikator
  1. Mendeskripsikan macam-macam adaftasi
  2. Menjelaskan terjadinya seleksi alam
  3. Membandingkan perkembangbiakan secara vegetatif dengan generatif pada mahkluk hidup.

Alokasi waktu
4 jam pelajaran (2 x pertemuan).

Tujuan pembelajaran
  1. Siswa dapat mendeskripsikan 3 macam adaftasi dengan benar melalui studi pustaka.
  2. Siswa dapat menjelaskan terjadinya seleksi alam dengan benar melalui studi pustaka.
  3. Siswa dapat membandingkan perkembangbiakan secara vegetatif dan generatif pada mahkluk hidup melalui diskusi kelompok.

B. Materi Pembelajaran
kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleksi alam dan pekembangbiakan

C. Metode Pembelajaran
     Model   : Direct Instruction
                     Kooperative Learning

     Metode : Diskusi kelompok
                 
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
     Pertemuan  1.
      Pendahuluan
      Apersepsi     :   Bagaimanakah cara mahkluk hidup dapat bertahan hidup  ?
      Motivasi     :  Mengapakah seekor bunglon bila berada di rumput berwarna hijau berubah menjadi warna hijau.

      Kegiatan inti
 - Guru menyajikan  informasi menganai adaptasi.
- Siswa studi pustaka tentang adaptasi.
- Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi kelompok
-Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, dan kelompok lain menanggapinya.
- Siswa bertanya hal-hal yang belum jelas

            Kegiatan penutup
Guru dan siswa membuat rangkuman atau menyimpulkan
Guru memberikan tugas kepada siswa

Pertemuan  2.
      Pendahuluan
      Apersepsi     : Apa yang dimaksud dengan adaptasi  ?
      Motivasi     :  Apa yang dimaksud dengan seleksi alam.

      Kegiatan inti
 - Guru menyajikan  informasi mengenai seleksi alam dan perkembangbiakan makhluk hidup.
- Siswa studi pustaka tentang seleksi alam dan perkembagbiakan.
- Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi kelompok
-Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, dan kelompok lain menanggapinya.
- Siswa bertanya hal-hal yang belum jelas

            Kegiatan penutup
Guru dan siswa membuat rangkuman atau menyimpulkan
Guru memberikan tugas kepada siswa


E. Sumber Pembelajaran
Buku pelajaran IPA terpadu untuk SMP kelas IX
Buku-buku referensi

F. Penilaian
1. Teknik
     Tes tertulis dan tes unjuk kerja
    2.Bentuk
       Uraian
    3.Instrumen.
  1. Bagaimana hubungan antara seleksi alam dan adaptasi.
  2. Apa yang menyebabkan punahnya dinosaurus pada masa lalu.
  3. Berikan 1 contoh terbentuknya spesies baru dari peristiwa seleksi alam.
  4. Apa peran perkembangbiakkan suatu makhluk hidup.





                  Mengetahui,                                                                 Sekayu,  Juli  2010
     Kepala SMP Negeri 2 Sekayu                                                 Guru Mata Pelajaran




               Rusinah, S.Pd                                                                I r s a n, S.Pd
      NIP. 19600929 198103 2 002                                                 NIP. 19710327 199512 1 001







                                                                                                                                                                                                                     

             RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  RPP )


Nama Sekolah              : SMP Negeri 2 Sekayu
Mata Pelajaran            : IPA Terpadu
Kelas / Semester          : IX / Ganjil
Tahun Pelajaran          : 2010 / 2011


Standar Kopetensi
2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup

Kompetensi Dasar
2.2 Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada mahkluk hidup

Indikator
  1. Menjelaskan hukum Mendel.
  2. Menjelaskan konsep pewarisan sifat pada mahkluk hidup.

Alokasi waktu
4 jam pelajaran (2 x pertemuan).

Tujuan pembelajaran
  1. Siswa dapat menjelaskan konsep hereditas menurut Mendel melalui studi pustaka dengan benar.
  2. Siswa dapat menjelaskan hukum Mendel dengan benar melalui eksperimen.
  3. Siswa dapat menjelaskan konsep pewarisan sifat pada mahkluk hidup melalui diskusi informasi dengan benar.

B. Materi Pembelajaran
Pewarisan sifat pada makhluk hidup

C. Metode Pembelajaran
     Model   : Direct Instruction
                     Kooperative Learning

     Metode : Diskusi kelompok
                     Eksperimen

                   
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
     Pertemuan  1.
      Pendahuluan
      Apersepsi     :   Bagaimanakah cara mahkluk hidup menurunkan sifat kepada        keturunannya  ?
    Motivasi       :  Mengapakah  keturunan suatu organisme sama sifatnya dengan  induknya

      Kegiatan inti
 - Guru menyajikan  informasi konsep hereditas menurut Mendel.
- Siswa studi pustaka tentang hereditas menurut Mendel.
- Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi kelompok
-Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, dan kelompok lain menanggapinya.
- Siswa bertanya hal-hal yang belum jelas.
            Kegiatan penutup
Guru dan siswa membuat rangkuman atau menyimpulkan
Guru memberikan tugas kepada siswa
     Pertemuan  2.
      Pendahuluan
      Apersepsi     :   Apa yang dimaksud dengan persilangan  ?
    Motivasi        apa warna turunannya jika warna merah dominan disilangkan warna putih resesif?

      Kegiatan inti
 - Guru menyajikan  informasi menganai hukum Mendel dan penurunan sifat.
- Siswa melakukan eksperimen tentang hukum Mendel dan penurunan sifat
- Guru membimbing siswa dalam melakukan eksperimen.
-Setiap kelompok mempresentasikan hasil eksperimen, dan kelompok lain menanggapinya.
- Siswa bertanya hal-hal yang belum jelas.
            Kegiatan penutup
Guru dan siswa membuat rangkuman atau menyimpulkan
Guru memberikan tugas kepada siswa

  E. Sumber Pembelajaran
Buku pelajaran IPA terpadu untuk SMP kelas IX
Buku-buku referensi

F. Penilaian
1. Teknik
     Tes tertulis dan tes unjuk kerja
    2.Bentuk
       Uraian
    3.Instrumen.
  1. Apa yang dimaksud dengan gen dan kromosom
  2. Sebutkan  macam kromosom pada manusia .
  3. Jelaskan perbedaan antara dominant dengan resesif
  4. Berikan masing-masing 3 contoh dari sifat dominant dan resesif
  5. Jika tanaman bunga mawar merah (MM) disilangkan dengan mawar putih (mm), M dominan terhadap m maka tentukanlah genotif dan fenotif pada F2.






                  Mengetahui,                                                                 Sekayu,  Juli  2010
     Kepala SMP Negeri 2 Sekayu                                                  Guru Mata Pelajaran




                 Rusinah, S.Pd                                                              I r s a n, S.Pd
      NIP. 19600929 198103 2 002                                                 NIP. 19710327 199512 1 001
                                                                                                               
                                                                                       
               RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  RPP )


Nama Sekolah              : SMP Negeri 2 Sekayu
Mata Pelajaran            : IPA Terpadu
Kelas / Semester           : IX / Ganjil
Tahun Pelajaran          : 2010 / 2011


Standar Kopetensi
2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup

Kompetensi Dasar
2.3 Mendeskripsikan proses pewarisan sifat dan hasil pewarisan sifat serta penerapannya

Indikator
  1. Mendeskripsikan persilangan satu sifat beda
  2. Mendeskripsikan persilangan dua sifat beda

Alokasi waktu
4 jam pelajaran

Tujuan pembelajaran
  1. Melalui percobaan siswa dapat mendeskripsikan persilangan satu sifat beda dengan benar.
  2. Melalui percobaan siswa dapat mendeskripsikan persilangan dua sifat beda dengan benar.

B. Materi Pembelajaran
Proses pewarisan sifat dan hasil pewarisan sifat serta penerapannya

C. Metode Pembelajaran
     Model   :
                     Direct Instruction
                     Kooperative Learning

     Metode :
                     Diskusi kelompok
                     Eksperimen.

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
     Pertemuan  1.
      Pendahuluan
      Apersepsi     :   Bagaimanakah cara mahkluk hidup menurunkan sifat kepada        keturunannya  ?
    Motivasi       :  Mengapakah  keturunan suatu organisme sama sifatnya dengan  induknya

      Kegiatan inti
 - Guru menyajikan  informasi menganai persilangan dengan satu dan dua sifat    beda.
- Siswa melakukan percobaan tentang  penurunan sifat dan persilangan monohibrida.
- Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi kelompok
-Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, dan kelompok lain menanggapinya.
- Siswa bertanya hal-hal yang belum jelas.
            Kegiatan penutup
Guru dan siswa membuat rangkuman atau menyimpulkan
Guru memberikan tugas kepada siswa
     Pertemuan  2.
      Pendahuluan
      Apersepsi     :   Apa yang dimaksud persilangan monohibrida  ?
    Motivasi     :  Apa yang dimaksud persilangan dihibrida?

      Kegiatan inti
 - Guru menyajikan  informasi menganai persilangan dengan satu dan dua sifat    beda.
- Siswa melakukan percobaan tentang  penurunan sifat dan persilangan dihibrida.
- Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi kelompok
-Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, dan kelompok lain menanggapinya.
- Siswa bertanya hal-hal yang belum jelas.
            Kegiatan penutup
Guru dan siswa membuat rangkuman atau menyimpulkan
Guru memberikan tugas kepada siswa

E. Sumber Pembelajaran
Buku pelajaran IPA terpadu untuk SMP kelas IX
Buku-buku referensi

F. Penilaian
1. Teknik
     Tes tertulis dan tes unjuk kerja
    2.Bentuk
       Uraian
    3.Instrumen.
  1. Jelaskan perbedaan persilangan monohybrid dengan dihibrid
  2. Jika fenotip T untuk tinggi dan M untuk rasa manis, t  untuk rendah dan m  untuk rasa asam buat persilangan antara buah rasa manis berbatang tinggi disilang dengan buah berasa asam berbatang rendah .





                  Mengetahui,                                                                 Sekayu,  
     Kepala SMP Negeri 2 Sekayu                                                  Guru Mata Pelajaran




                 Rusinah, S.Pd                                                              I r s a n, S.Pd
      NIP. 19600929 198103 2 002                                                 NIP. 19710327 199512 1 001












               RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  RPP )


Nama Sekolah              : SMP Negeri 2 Sekayu
Mata Pelajaran            : IPA Terpadu
Kelas / Semester           : IX / Ganjil
Tahun Pelajaran          : 2010 / 2011


Standar Kopetensi
2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup

Kompetensi Dasar
2.4 Mendeskripsikan peranan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia.

Indikator
1. Mendeskripsikan macam-macam bioteknologi secara sederhana.
2. Mendemontrasikan bioteknologi secara sederhana.
3. Mendata produk-produk bioteknologi konvensional dan modern di lingkungan sekitar.

Alokasi waktu
4 jam pelajaran

Tujuan pembelajaran
1. Melalui studi pustaka siswa dapat mendeskripsikan macam-macam bioteknologi  dengan benar.
2. Melalui demontrasi  siswa dapat mendeskripsikan macam-macam bioteknologi konvensional dengan benar.
3. Melalui studi pustaka siswa dapat mendata produk bioteknologi konvensional dan modern dengan benar.
4. Melalui studi pustaka siswa dapat mendeskripsikan dampak penerapan bioteknologi  dengan benar.


B. Materi Pembelajaran
Peranan Bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia.
C. Metode Pembelajaran
     Model   :
                     Direct Instruction
                     Kooperative Learning

     Metode :
                     Diskusi kelompok
                     Eksperimen.

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
     Pertemuan  1.
      Pendahuluan
      Apersepsi     :  Bagaimana cara membuat tape? 
    Motivasi    :  Apa yang dimaksud dengan bioteknologi?

      Kegiatan inti
 - Guru menyajikan  informasi mengenai tentang bioteknologi.
- Guru melakukan demontrasi tentang  bioteknologi konvensional (pembuatan tape).
- Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi kelompok
-Setiap kelompok menyimpulkan hasil diskusi kelompok masing-masing.
- Siswa bertanya hal-hal yang belum jelas.
            Kegiatan penutup
Guru dan siswa membuat rangkuman atau menyimpulkan
Guru memberikan tugas kepada siswa
     Pertemuan  2.
      Pendahuluan
      Apersepsi     :  Apa yang dimaksud dengan bioteknologi konvensional  ?
    Motivasi     :  Berikan contoh bioteknologi konvensional?

      Kegiatan inti
 - Guru menyajikan  informasi macam-macam bioteknologi.
- Siswa melakukan studi pustaka tentang bioteknologi konvensional dan modern dan dampak penerapan bioteknologi
-Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, dan kelompok lain menanggapinya.
- Siswa bertanya hal-hal yang belum jelas.
            Kegiatan penutup
Guru dan siswa membuat rangkuman atau menyimpulkan
Guru memberikan tugas kepada siswa

E. Sumber Pembelajaran
Buku pelajaran IPA terpadu untuk SMP kelas IX
Buku-buku referensi

F. Penilaian
1. Teknik
     Tes tertulis dan tes unjuk kerja
    2.Bentuk
       Uraian
    3.Instrumen.
1 . .Berikan 4 contoh penerapan bioteknologi konvensional dalam kehidupan ?
2.   Berikan contoh  penerapan bioteknologi modrn di bidang
      a. kedokteran
      b. pertanian
      3.  Apakah yang dimaksud dengan hidroponik ? dan apakah keuntungannya ?
      4.  Bagaimana dampak bioteknologi terhadap sosial ekonomi ?
      5.  Bagaimana dampak bioteknologi terhadap lingkungan ?


                  Mengetahui,                                                                 Sekayu,  
     Kepala SMP Negeri 2 Sekayu                                                  Guru Mata Pelajaran




                 Rusinah, S.Pd                                                              I r s a n, S.Pd
      NIP. 19600929 198103 2 002                                                 NIP. 19710327 199512 1 001










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  RPP )


Nama Sekolah              : SMP Negeri 2 Sekayu
Mata Pelajaran            : IPA Terpadu
Kelas / Semester           : IX / Ganjil
Tahun Pelajaran           :  2010 / 2011


Standar Kopetensi
3. Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar
3.1 Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari

Indikator
  1. Memberi contoh peristiwa yang menghasilkan benda bermuatan listrik dan proses terjadinya secara sederhana.
  2. Menjelaskan cara memberi muatan listrik pada benda
  3. Melakukan percobaan  sederhana untuk menunjukkan sifat-sifat muatan listrik.
  4. Menjelaskan secara kualitatif hubungan antara besar gaya elektrostatis dengan esar muatan listrik da jarak antar benda bermuatan listrik.
  5. Mendeskripsikan gejala dan penerapan  listrik statis dalam kehidupan sehari-hari.

Alokasi waktu
4 jam pelajaran

Tujuan pembelajaran
  1. Melalui studi pustaka siswa dapa memberi contoh peristiwa yang menghasilkan benda bermuatan listrik dan proses terjadinya secara sederhana.dengan benar.
  2. Melali studi pustakaq siswa dapat menjelaskan cara memberi muatan listrik pada benda dengan benar.
  3. Melalui percobaan  sederhana siswa dapat menunjukkan sifat-sifat muatan listrikdengan benar.
  4. Melalui diskusi kelompok siswa dapat menjelaskan secara kualitatif hubungan antara besar gaya elektrostatis dengan besar muatan listrik dan jarak antar benda bermuatan listrik.dengan benar
  5. Melalui kerja kelompok siswa dapat  mendeskripsikan gejala dan penerapan  listrik statis dalam kehidupan sehari-hari.dengan bena

B. Materi Pembelajaran
Muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari


C. Metode Pembelajaran
     Model   :
                     Direct Instruction
                     Kooperative Learning

     Metode :
                     Diskusi kelompok
                     Eksperimen                    
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
     Pertemuan  1.
      Pendahuluan
      Apersepsi     :   Bagaimanakah cara terjadinya halilintar  ?
    Motivasi       : Apakah ciri atau tanda bila hari mau hujan

      Kegiatan inti
 - Guru menyajikan  informasi mengenai listrik statis dan penerapannya.
- Siswa studi pustaka tentang listrik statis dan penerapannya
- Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi kelompok
-Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, dan kelompok lain menanggapinya.
- Siswa bertanya hal-hal yang belum jelas.
            Kegiatan penutup
Guru dan siswa membuat rangkuman atau menyimpulkan
Guru memberikan tugas kepada siswa

Pertemuan  2
Pendahuluan
        Epersepsi       : Sebutkan 2 sifat muatan listrik ?
        Motivasi         :sebutkan bunyi Hukum Coulomb  ?

Kegiatan inti
         - Guru menyajikan informasi tentang hukum coulomb
           - Siswa studi pustakadalam kelompoknya tentang hukum Coulomb dan hubungan kualitatif antara gaya,   muatan listrik dan jarakantar muatandan penerapan listrik statis 
          
         -Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi kelompok danhubungan atif
         -Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain menanggapinya
         -Siswa bertanya hal –hal yang belum jelas

          Kegiatan penutup
         Guru dan siswa membuat rangkuman
        Guru memberikan tugas kepada siswa

E. Sumber Pembelajaran
Buku pelajaran IPA terpadu untuk SMP kelas IX
Buku-buku referensi

F. Penilaian
1. Teknik
     Tes tertulis dan tes unjuk kerja
    2.Bentuk
       Uraian
    3.Instrumen.
1.Jelaskan yang dimaksud dengan listrik statis?
2.Jelaskan apa yang terjadi yang dua benda bermuatan listris yang sama berdekatan.
      3.Sebutkan 3 cara membuat benda netral menjadi bermuatan listrik ?
      4. Dua muatan sejenis besarnya masing –masing + 3  x  10    C   dan + 64 x 10    C, jika
 Besar gaya coulomb yang dialami kedua muatan sebesar 27.000 N. Berapakah jarak
Kedua muatan ?
      5. Sebutkan 2 contoh penerapan listrik statis  ?


                
Mengetahui,                                                                 Sekayu,  Juli  2010
     Kepala SMP Negeri 2 Sekayu                                                  Guru Mata Pelajaran




                Rusinah, S.Pd                                                                I r s a n, S.Pd
      NIP. 19600929 198103 2 002                                                  NIP. 19710327 199512 1 001





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  RPP )


Nama Sekolah              : SMP Negeri 2 Sekayu                                                                                      Mata Pelajaran            : IPA Terpadu
Kelas / Semester          : IX / Ganjil
Tahun Pelajaran          : 2010 / 2011


Standar Kopetensi
3.Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar
3.2 Menganalisa percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator
  1. Menjelaskan konsep listrik dan mengukur kuat arus listrik.
  2. Menjelaskan konsep beda potensial  listrik dan mengukur beda potensial.
  3. Menjelaskan konsep Gaya Gerak Listrik (ggl) sumber arus listrik.
  4. Mengukur dan menggambarkan arus listrik dan beda potensial listrik dalam suatu rangkaian.
  5. Menyelidiki hubungan antara arus listrik dan beda potensial listrik dalam suatu rangkaian (hkm Ohm)
  6. Menemukan perbedaan hambatan beberapa jenis bahan (konduktor, semi konduktor, dan isolator)
  7. Mendeskripsikan hukum kirchoff untuk menghitung V dan I dalam rangkaian.
  8. Menghitung hambatan pengganti dalam rangkaian
Alokasi waktu
6 jam pelajaran

Tujuan pembelajaran
  1. Melalui percobaan siswa dapat menjelaskan konsep listrik dan mengukur kuat arus listrik.dengan benar.
  2. Melalui studi pustaka siswa dapat menjelaskan konsep beda potensial  listrik dan mengukur beda potensial.dengan benar
  3. Melalui studi pustaka siswa dapat menjelaskan konsep Gaya Gerak Listrik (ggl) sumber arus listrik.dengan benar
  4. Melalui diskusi kelompok siswa dapat mengukur dan menggambarkan arus listrik dan beda potensial listrik dalam suatu rangkaian.
  5. Melalui eksperimen siswa menyelidiki hubungan antara arus listrik dan beda potensial listrik dalam suatu rangkaian (hkm Ohm) dengan benar.
  6. Melalui eksperimen siswa dapat menemukan perbedaan hambatan beberapa jenis bahan (konduktor, semi konduktor, dan isolator) dengan benar.
  7. Melalui studi pustaka siswa dapat mendeskripsikan hukum kirchoff untuk menghitung V dan I dalam rangkaian dengan benar.
  8. Melalui diskusi kelompok siswa dapat menghitung hambatan pengganti dalam rangkaian dengan benar.

Metode Pembelajaran
     Model   :
                     Direct Instruction
                     Kooperative Learning
     Metode :
                     Diskusi kelompok
                     Eksperimen

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
     Pertemuan  1.
      Pendahuluan
      Apersepsi     :   Bagaimanakah cara menghasilkan arus listrik  ?
    Motivasi       :   Apa yang dimaksud dengan arus listrik?

      Kegiatan inti
 - Guru menyajikan  informasi mengenai listrik dinamis dan penerapannya.
-Siswa melakukan eksperimen mengukur kuat arus listrik komponen secara seri dan paralel.
- Siswa studi pustaka tentang beda potensial  listrik dan mengukur beda potensial.
- Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi kelompok hasil percobaan.
-Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, dan kelompok lain menanggapinya.
- Siswa bertanya hal-hal yang belum jelas.
            Kegiatan penutup
Guru dan siswa membuat rangkuman atau menyimpulkan
Guru memberikan tugas kepada siswa

Pertemuan  2.
      Pendahuluan
      Apersepsi     :  Apa yang dimaksud dengan beda potensial listrik?
    Motivasi       :   Sebutksn bunyi hukum ohm?

      Kegiatan inti
 - Guru menyajikan  informasi mengenai hukum ohm.
-Siswa melakukan eksperimen menyelidiki hukum ohm dan hambatan beberapa jenis bahan.
- Siswa studi pustaka tentang hukum kirchoff dan menghitung hambatan penganti pada rangkaian seri dan paralel.
- Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi kelompok hasil percobaan.
-Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, dan kelompok lain menanggapinya.
- Siswa bertanya hal-hal yang belum jelas.
            Kegiatan penutup
Guru dan siswa membuat rangkuman atau menyimpulkan
Guru memberikan tugas kepada siswa

E. Sumber Pembelajaran
Buku pelajaran IPA terpadu untuk SMP kelas IX
Buku-buku referensi

F. Penilaian
1. Teknik
     Tes tertulis dan tes unjuk kerja
    2.Bentuk
       Uraian
    3.Instrumen.
a. Jelaskan yang dimaksud dengan listrik dinamis.
b. Muatan listrik yang mengalir sebesar 90 C dalam waktu 1 menit. Hitunglah besar kuat  arus yang dihasilkan.
c. Diketahui kuat arus 8 ampere dan hambatan 10 ohm, berapakah beda potensialnya .
d. Kawat tembaga panjangnya 15 m memiliki luas penampang 5 mm jika hambat jenis 1,7 x 10  ohm.m. Berapakah hambatan kawat tembaga.
e. Tiga buah hambatan masing-masing 20 ohm, 10 ohm dan 30 ohm. Disusun secara seri dihubungkan dengan tegangan sebesar 6 volt. Hitunglah:
·      Hambatan pengganti.
·      Beda potensial pada masing-masing hambatan.





                  Mengetahui,                                                                 Sekayu,   
     Kepala SMP Negeri 2 Sekayu                                                  Guru Mata Pelajaran




               Rusinah, S.Pd                                                                 I r s a n, S.Pd
      NIP. 19600929 198103 2 002                                                  NIP. 19710327 199512 1 001






                                                                                                                                                                                                                                                





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  RPP )


Nama Sekolah              : SMP Negeri 2 Sekayu                                                                                       Mata Pelajaran            : IPA Terpadu
Kelas / Semester          : IX / Ganjil
Tahun Pelajaran          : 2010 / 2011


Standar Kopetensi
3.Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar
3.3 Mendeskripsikan prinsif kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator
1.  Menjelaskan perbedaan elemen listrik primer dan elemen listrik sekunder.
2. Menjelaskan susunan dan cara kerja elemen listrik primer dan elemen listrik sekunder.
3 Mengukur tegangan antara kutub-kutub sumber tegangan dan tegangan jepit.

Alokasi waktu
3 jam pelajaran

Tujuan pembelajaran
1. Melalui studi pustaka siswa dapat menjelaskan perbedaan elemen listrik primer dan elemen listrik sekunder dengan benar
2. Melalui diskusi kelompok siswa dapat menjelaskan susunan dan cara kerja elemen primer dan elemen sekunder dengan benar.
3. Melalui eksperimen siswa mengukur tegangan antara kutub-kutub sumber tegangan dan tegangan jepit dengan benar.

Metode Pembelajaran
     Model   :
                     Direct Instruction
                     Kooperative Learning
     Metode :
                     Diskusi kelompok
                     Eksperimen

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
     Pertemuan  1.
      Pendahuluan
      Apersepsi     :     Apa yang dimaksud dengan arus listrik?
    Motivasi       :   Sebutkan tiga sumber arus listrik?

      Kegiatan inti
 - Guru menyajikan  informasi mengenai gaya gerak listrik dan sumber arus listrik.
-Siswa studi pustaka tentang perbedaan, susunan dan cara kerja elemen primer dan elemen sekunder.
-Siswa melakukan eksperimen mengukur GGL dan tegangan jepit.
- Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi kelompok hasil percobaan.
-Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, dan kelompok lain menanggapinya.
- Siswa bertanya hal-hal yang belum jelas.
            Kegiatan penutup
Guru dan siswa membuat rangkuman atau menyimpulkan
Guru memberikan tugas kepada siswa


E. Sumber Pembelajaran
Buku pelajaran IPA terpadu untuk SMP kelas IX
Buku-buku referensi

F. Penilaian
1. Teknik
     Tes tertulis dan tes unjuk kerja
    2.Bentuk
       Uraian
    3.Instrumen.
a. Apakah yang dimaksud dengan:
·         Sumber arus searah.
·         Kapasitas aki.
b. Apakah perbedaan antara elemen primer dengan elemen sekunder?
c. Sebutkan 3 komponen utama pada akumulator.
d. Perubahan energi apakah yang terjadi pada saat penyetruman aki.





                  Mengetahui,                                                                 Sekayu,   
     Kepala SMP Negeri 2 Sekayu                                                  Guru Mata Pelajaran




               Rusinah, S.Pd                                                                 I r s a n, S.Pd
      NIP. 19600929 198103 2 002                                                  NIP. 19710327 199512 1 001




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  RPP )


Nama Sekolah              : SMP Negeri 2 Sekayu                                                                                       Mata Pelajaran            : IPA Terpadu
Kelas / Semester          : IX / Ganjil
Tahun Pelajaran          : 2010 / 2011


Standar Kopetensi
3.Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar
3.4 Mendeskripsikan hubungan antara energi dan daya listrik serta pemanfaatannya  dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator
1.  Menjelaskan hubungan antara V dan I dengan energi listrik yang digunakan.
2. Menjelaskan hubungan antara daya dengan energi listrik.
3. Menunjukkan beberapa energi listrik menjadi bentuk energi lain.
4. Menunjukkan beberapa alat yang memanfaatkan energi listrik.
5. Mempraktekkan konsep energi dan daya listrik dirumah tangga berdasarkan angka yang tertera pada kWh meter.
6. Mempraktekkan penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi waktu
4 jam pelajaran

Tujuan pembelajaran
1. Melalui studi pustaka siswa dapat menjelaskan hubungan antara V dan I dengan energi listrik dengan benar
2. Melalui diskusi kelompok siswa dapat menjelaskan hubungan antara daya dengan energi listrik serta satuannya  dengan benar.
3. Melalui diskusi kelompok siswa dapat menunjukkan beberapa energi listrik menjadi energi bentuk lain
4.. Melalui diskusi kelompok siswa dapat menunjukkan beberapa alat yang memanfaatkan energi listrikt dengan benar.
5. Melalui kerja kelompok siswa dapat mempraktekkan konsep enrgi listrik dan daya listrik dengan benar
6. Melalui kerja kelompok siswa dapat mempraktekkan penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari..
Metode Pembelajaran
     Model   :
                     Direct Instruction
                     Kooperative Learning
     Metode :
                     Diskusi kelompok
                     Eksperimen

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
     Pertemuan  1.
      Pendahuluan
      Apersepsi     :     Apa yang dimaksud dengan energi?
    Motivasi       :   Apakah yang dimaksud dengan energi listrik?

      Kegiatan inti
 - Guru menyajikan  informasi mengenai energi listrik dan daya listrik.
-Siswa studi pustaka tentang hubungan antara tegangan,arus listrik dan energi listrik.
-Siswa melakuka diskusi kelompok tentang perubahan bentuk energi dan alat yang memanfaatkan energi listrik.
-siswa melakukan kerja kelompok mempraktekkan konsep energi listrik,daya listrik dan penghematan energi listrik
- Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi kelompok.
-Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, dan kelompok lain menanggapinya.
- Siswa bertanya hal-hal yang belum jelas.
            Kegiatan penutup
Guru dan siswa membuat rangkuman atau menyimpulkan
Guru memberikan tugas kepada siswa


E. Sumber Pembelajaran
Buku pelajaran IPA terpadu untuk SMP kelas IX
Buku-buku referensi

F. Penilaian
1. Teknik
     Tes tertulis dan tes unjuk kerja
    2.Bentuk
       Uraian
    3.Instrumen.
a.Lampu yang dipasang diruang tamu tegangannya 220 volt,mengalirkan arus listrik sebesar 2 ampere selama 5 menit.Tentukan besarnya energi listrik yang diperlukan lampu untuk menyala dengan baik ?
b. Lampu dipasang pada tegangan 220 volt mengalirkan arus 0,5 A. Tentukan besar daya pada lampu ?
c. Dirumah Pak Budi tiap hari menggunakan :
    2 buah lampu 60 W menyala 5 jam, 5 buah lampu 30 W menyala 5 jam,
    1 buah TV 200 W menyala 8 jam, 1 buah setrika 300 W dipakai 2 jam, dan
     1 buah pompa air 100 W dipakai 2 jam.
     Seandainya harga tiap kWh Rp 800,00, hitunglah rekening listrik yang harus dibaayar tiap bulan ? ( 1 bulan = 30 hari )

·          
s



                  Mengetahui,                                                                 Sekayu,   
     Kepala SMP Negeri 2 Sekayu                                                  Guru Mata Pelajaran




               Rusinah, S.Pd                                                                 I r s a n, S.Pd
      NIP. 19600929 198103 2 002                                                  NIP. 19710327 199512 1 001




            RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  RPP )


Nama Sekolah              : SMP Negeri  2 Sekayu
Mata Pelajaran            : IPA Terpadu
Kelas / Semester           : IX / Genap
Tahun Pelajaran          : 2010 / 2011


Standar Kopetensi
4. Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar
4.1Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat magnet

Indikator
  1. Menunjukkan sifat kutub magnet
  2. Mendemonstrasikan cara membuat megnet dan menghilangkan sifat kemagnetan.
  3. Memaparkan teori kemagnetan bumi
  4. Menjelaskan sifat medan magnet secara kualitatif disekitar kawat berarus listrik.

Alokasi waktu
4 jam pelajaran

Tujuan pembelajaran
  1. Melalui demonstransi siswa dapat menunjukkan sifat kutub magnet dengan benar
  2. Melaluidemonstrasikan siswa dapat menunjukkan  cara membuat megnet dan menghilangkan sifat kemagnetan.dengan benar
  3. Melalui studi pustaka siswa dapatmemaparkan teori kemagnetan bumidengan benar
  4. Melalui studi pustaka siswa dapat menjelaskan sifat medan magnet secara kualitatif disekitar kawat berarus listrik dengan benar.
Materi  Pelajaran
      Gejala kemagnetan pada suatu benda
Metode Pembelajaran
     Model   :
                     Direct Instruction
                     Kooperative Learning
     Metode :
                     Diskusi kelompok
                    Demonstransi

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
     Pertemuan  1.
      Pendahuluan
      Apersepsi     :   Bagaimanakah cara membuat magnet  ?
     Motivasi     :    Apa nama benda yang dapat menarik benda lain yang terbuat dari besi atau baja  ?

      Kegiatan inti
 - Guru menyajikan  informasi mengenai magnet,gejala kemagnetan dan penerapannya.melalui demonstransi
- Siswa studi pustaka dan menjawab pertanyaan tentang listrik magnet, gejala kemagnetan dan penerapannya
- Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi kelompok
-Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, dan kelompok lain menanggapinya.
- Siswa bertanya hal-hal yang belum jelas.
            Kegiatan penutup
Guru dan siswa membuat rangkuman atau menyimpulkan
Guru memberikan tugas kepada siswa


Pertemuan kedua
            Pendahuluan
Apersepsi    :Sebutkan 2 sifat magnet ?
Otivasi         :Apkah yang dimaksud dengan Deklinasi dean inklinasi ?

Kegiatan Inti

-          Guru menyampaikan informasi secara singkat tentang tiori kemagnetan bumi
-          Siswa studi pustaka dan kerja kelompok tentang tiori kemagnetan bumi dan sifat medan magnet secara kualitatif disekitar kawat berarus listrik
-          Guru membimbing siswa dalamdiskusi kerja kelompok
-          Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja dan kelompok lainnya menanggapinya
-          Siswa bertanya hal;-hal yang belum jelas
 
-          Penutup


Guru dan siswa membuat rangkuman
Guru memberikan tugas kepada siswa

E. Sumber Pembelajaran

Buku pelajaran IPA terpadu untuk SMP kelas IX
Buku-buku referensi

F. Penilaian
1. Teknik
     Tes tertulis dan tes unjuk kerja
    2.Bentuk
       Uraian
    3.Instrumen.
a.Jelaskan yang dimaksud dengan magnet
b.Sebutkan 3 macam gejala kemagnetan berdasarkan sifatnya  ? .
      c. Sebutkan 3 cara menghilangkan sifat kemagnetan  ?
      d.Sebutkan 3 cara untuk memperbesar medan magnet yang dihasilkan medan magnet ?  
    






                Mengetahui,                                                                  Sekayu,  Januari  2011
     Kepala SMP Negeri 2 Sekayu                                                 Guru Mata Pelajaran




              Rusinah, S.Pd                                                                 I r s a n, S.Pd
      NIP. 19600929 198103 2 002                                                  NIP. 19710327 199512 1 001















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  RPP )


Nama Sekolah              : SMP Negeri 2  Sekayu
Mata Pelajaran            : IPA Terpadu
Kelas / Semester          : IX / Genap
Tahun Pelajaran          : 2010 / 2011

Standar Kopetensi
4.Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar
4.2Menerapkan jonsep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsif kerja beberapa alat yang memanfaatkan prinsif induksi elektromagnetik

Indikator
  1. Menjelaskan cara kerja elektromagnetik dan penerapannya dalam beberapa produk tekhnologi.
  2. Menemukan penggunaan gaya Lorentz pada beberapa alat listrik sehari-hari.


Alokasi waktu
4 jam pelajaran

Tujuan pembelajaran
  1. Melaui kerja kelompok siswa dapat menjelaskan cara kerja elektromagnetik dan penerapannya dalam beberapa produk tekhnologi.dengan benar
  2. Melalui studi pustaka siswa dapat menemukan penggunaan gaya Lorentz pada beberapa alat listrik sehari-hari.dengan benar.
Materi Pelajaran
Induksi elektromagnetik

Metode Pembelajaran

     Model   :
                     Direct Instruction
                     Kooperative Learning
     Metode :
                     Diskusi kelompok
                    

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
     Pertemuan  1.
      Pendahuluan
      Apersepsi     :   Bagaimanakah cara membuat magnet  ?
    Motivasi       :    Bagaimana bentuk magnet yang sering kamu temukan  ?

      Kegiatan inti
 - Guru menyajikan  informasi mengenai induksi elektromagnetik dan penerapannya.
- Siswa studi pustaka tentanginduksi elektromagnetik dan penerapannya
- Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi kelompok
-Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, dan kelompok lain menanggapinya.
- Siswa bertanya hal-hal yang belum jelas.
            Kegiatan penutup
Guru dan siswa membuat rangkuman atau menyimpulkan
Guru memberikan tugas kepada siswa
E. Sumber Pembelajaran
Buku pelajaran IPA terpadu untuk SMP kelas IX
Buku-buku referensi

F. Penilaian
1. Teknik
     Tes tertulis dan tes unjuk kerja
    2.Bentuk
       Uraian
    3.Instrumen.
Jelaskan yang dimaksud dengan induksi elektromagnetik ?
-Sebutkan 3 macam factor yang mempengaruhi ggl induksi  ? .
       -Sebutkan 3 cara meperbesar ggl induksi  ?
      -Kawat yang panjangnya 2 meter berada tegak lurus dalam medan magnet 20 Tesla, jika kuat arus yang mengalir sebesar 0,5 Ampere. Berapa besar gaya lorentz yang dialami kawat ?


 

                  Mengetahui,                                                                 Sekayu,  Januari  2011
     Kepala SMP Negeri 2 Sekayu                                                  Guru Mata Pelajaran




                Rusinah, S.Pd                                                                I r s a n, S.Pd
      NIP. 19600929 198103 2 002                                                  NIP. 19710327 199512 1 001





             RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  RPP )


Nama Sekolah              : SMP Negeri 2 Sekayu
Mata Pelajaran            : IPA Terpadu
Kelas / Semester          : IX / Genap
Tahun Pelajaran          : 2010 / 2011


Standar Kopetensi
4.Memahami system tata suryadan prosesyang terjadi di dalamnya

Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan karakteristik system tata surya

Indikator
  1. Mendeskripsikan peredaran bulan mengelilingi bumi dan bumi mengelilingi matahari.
  2. Menjelaskan gravitasi sebagai gaya tarik antara matahari dan bumi  sehubungan dengan jarak.
  3. Mendeskripsikan orbit planet mengelilingi matahari  berdasarkan model tata surya.
  4. Mendeskripsikan perbandingan antar planet ditinjau dari massa, jari-jari, jarak rata-rata ke matahari dengan menggunakan table.

Alokasi waktu
3 jam pelajaran

Tujuan pembelajaran
1.      Mendeskripsikan peredaran bulan mengelilingi bumi dan bumi mengelilingi matahari.
2.      Menjelaskan gravitasi sebagai gaya tarik antara matahari dan bumi  sehubungan dengan jarak.
3.      Mendeskripsikan orbit planet mengelilingi matahari  berdasarkan model tata surya.
4.      Mendeskripsikan perbandingan antar planet ditinjau dari massa, jari-jari, jarak rata-rata ke matahari dengan menggunakan table.
Materi Pelajaran
Sistem tata surya

Metode Pembelajaran

     Model   :
                     Direct Instruction
                     Kooperative Learning
     Metode :
                     Diskusi kelompok
                     Observasi

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
     Pertemuan  1.
      Pendahuluan
      Apersepsi     :   Bagaimanakah cara membuktikan bumi mengelilingi matahari 
    Motivasi       :    Benda langit apa yang sering terlihat pada malam hari ?

      Kegiatan inti
 - Guru menyajikan  informasi mengenai system tata surya .
- Siswa studi pustaka tentang tata surya
- Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi kelompok
-Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, dan kelompok lain menanggapinya.
- Siswa bertanya hal-hal yang belum jelas.
            Kegiatan penutup
Guru dan siswa membuat rangkuman atau menyimpulkan
Guru memberikan tugas kepada siswa

E. Sumber Pembelajaran
Buku pelajaran IPA terpadu untuk SMP kelas IX
Buku-buku referensi

F. Penilaian
1. Teknik
     Tes tertulis dan tes unjuk kerja
    2.Bentuk
       Uraian
    3.Instrumen.
Jelaskan yang dimaksud dengan tata surya ?
Sebutkan dan jelaskan 2 macam gerak yang dialami bumi  ? .
       Sebutkan 9 macam planet dalam tata surya kita  ?


         




                 Mengetahui,                                                                  Sekayu,  Januari  2011
     Kepala SMP Negeri 2 Sekayu                                                  Guru Mata Pelajaran




                Rusinah, S.Pd                                                                I r s a n, S.Pd
      NIP. 19600929 198103 2 002                                                  NIP. 19710327 199512 1 001


















              RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  RPP )


Nama Sekolah              : SMP Negeri 2 Sekayu
Mata Pelajaran            : IPA Terpadu
Kelas / Semester          : IX / Genap
Tahun Pelajaran          : 2010 / 2011

Standar Kopetensi
Memahami system tata suryadan prosesyang terjadi di dalamnya

Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan proses-proses khusus yang terjadi dilapisan atmosfer dan lithosfer yang berhubungan dengan perubahan zat dan kalor

Indikator
  1. Menjelaskan pengaruh proses-proses yang terjadi dilapisan lithosfer  terhadap perubahan zat dan kalor.
  2. Menjelaskan pengaruh proses-proses yang terjadi pada lapisan atmosfer terhadap perubahan zat dan kalor.

Alokasi waktu
3 jam pelajaran

Tujuan pembelajaran
  1. Menjelaskan pengaruh proses-proses yang terjadi dilapisan lithosfer  terhadap perubahan zat dan kalor.
  2. Menjelaskan pengaruh proses-proses yang terjadi pada lapisan atmosfer terhadap perubahan zat dan kalor.
.
Materi Pelajaran
Proses yang terjadi dilapisan lithosfer dan athmosfer

Metode Pembelajaran

     Model   :
                     Direct Instruction
                     Kooperative Learning
     Metode :
                     Diskusi kelompok
                     Observasi

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

     Pertemuan  1.
      Pendahuluan
      Apersepsi     :   Bagaimanakah bentuk permukaan bumi  ? 
    Motivasi       :    Disebut apakah udara yang menyelubungi bumi ?

      Kegiatan inti
 - Guru menyajikan  informasi mengenai struktur permukaan bumi.
- Siswa studi pustaka tentang struktur permukaan bumi
- Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi kelompok
-Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, dan kelompok lain menanggapinya.
- Siswa bertanya hal-hal yang belum jelas.
          Kegiatan penutup
Guru dan siswa membuat rangkuman atau menyimpulkan
Guru memberikan tugas kepada siswa

E. Sumber Pembelajaran
Buku pelajaran IPA terpadu untuk SMP kelas IX
Buku-buku referensi

F. Penilaian
1. Teknik
     Tes tertulis dan tes unjuk kerja
    2.Bentuk
       Uraian
    3.Instrumen.
Jelaskan yang dimaksud dengan pelapukan ?
Sebutkan dan jelaskan 2 macam pelapukan  ? .
       Sebutkan 3 faktor yang mempengaruhi pelapukan ?
       Jelaskan apa yang terjadi jika suhu dipermukaan bumi terus meningkat








                 Mengetahui,                                                                  Sekayu,  Januari  2011
     Kepala SMP Negeri 2 Sekayu                                                 Guru Mata Pelajaran




               Rusinah, S.Pd                                                                I r s a n, S.Pd
      NIP. 19600929 198103 2 002                                                  NIP. 19710327 199512 1 001















             RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  RPP )


Nama Sekolah              : SMP Negeri 2 Sekayu
Mata Pelajaran            : IPA Terpadu
Kelas / Semester          : IX / Genap
Tahun Pelajaran          : 2010 / 2011


Standar Kopetensi
Memahami system tata suryadan prosesyang terjadi di dalamnya

Kompetensi Dasar
Menjelaskan hubungan antara proses yang terjadi di lapisan atmosfer dan lithosfer dengan kesehatan dan perubahan lingkungan

Indikator
  1. kesehatan manusia. Menjelaskan proses pelapukan dilapisan bumi yang berkaitan dengan masalah lingkungan.
  2. Menjelaskan proses pemanasan global dan pengaruhnya terhadap lingkungan bumi
  3. Menjelaskan pengaruh proses dilingkungan terhadap
  4. Menyadari bahwa pengaruh negative proses-proses lingkungan karena ulah manusia terhadap kesehatan
Alokasi waktu
2 jam pelajaran

Tujuan pembelajaran
1.      kesehatan manusia. Menjelaskan proses pelapukan dilapisan bumi yang berkaitan dengan masalah lingkungan.
2.      Menjelaskan proses pemanasan global dan pengaruhnya terhadap lingkungan bumi
3.      Menjelaskan pengaruh proses dilingkungan terhadap
4.      Menyadari bahwa pengaruh negative proses-proses lingkungan karena ulah manusia terhadap kesehatan.
.
Materi Pelajaran
Proses yang terjadi dilapisan lithosfer dan athmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan.

Metode Pembelajaran
     Model   ;
                     Direct Instruction
                     Kooperative Learning
     Metode :
                     Diskusi kelompok
                     Observasi

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
     Pertemuan  1.
      Pendahuluan
      Apersepsi     :   Apakah yang terjadi jika pemanasan global terus meningkat ? 
    Motivasi       :    apakah yang terjadi pada bumi jika bumi tertutup kabut asap akibat pembakaran lahan ?
      Kegiatan inti
 - Guru menyajikan  informasi mengenai hubungan lapisan athmosfer dan lithosfer dengan permasalahan lingkungan.
- Siswa studi pustaka tentang hubungan antara lapissan athmosfer dan lithosfer dengan permasalahan lingkungan.
- Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi kelompok
-Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, dan kelompok lain menanggapinya.
- Siswa bertanya hal-hal yang belum jelas.
            Kegiatan penutup
Guru dan siswa membuat rangkuman atau menyimpulkan
Guru memberikan tugas kepada siswa

E. Sumber Pembelajaran
Buku pelajaran IPA terpadu untuk SMP kelas IX
Buku-buku referensi

F. Penilaian
1. Teknik
     Tes tertulis dan tes unjuk kerja
    2.Bentuk
       Uraian
    3.Instrumen.
Jelaskan hubungan antara kabut asap dengan pemanasan global ?
 jelaskan 2 macam akibat yang timbul jika hutan sudah gundul  ? .
       Sebutkan 3 faktor yang mempengaruhi kerusakan hutan ?
       Jelaskan hubungan antara kenaikan suhu di permukaan bumi dengan volume air laut

                                                                                            




                 Mengetahui,                                                                 Sekayu,  Januari  2011
     Kepala SMP Negeri 2 Sekayu                                                Guru Mata Pelajaran




              Rusinah, S.Pd                                                                 I r s a n, S.Pd
      NIP. 19600929 198103 2 002                                                  NIP. 19710327 199512 1 001